TNI-Polri evakuasi enam jenazah pendulang emas

id Polres Yahukimo,kkb,papua

TNI-Polri evakuasi enam jenazah pendulang emas

Tim gabungan saat mengevakuasi enam jenazah pendulang dari lokasi penambangan Kali I Kabupaten Yahukimo, Paoua Pegunungan, Jumat(27/10). (ANTARA/HO/Polres Yahukimo)

...Alhamdulillah evakuasi berjalan lancar tanpa gangguan berarti, kata Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto kepada ANTARA, Jumat, (27/10/2023)
Jayapura (ANTARA) - Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto mengakui, Jumat (27/10) tim gabungan telah mengevakuasi enam jenazah dari lokasi penambangan di sekitar Kali I, Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Tim gabungan yang terdiri dari anggota Polres Yahukimo, Kodim 1715 Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz mulai bergerak menuju lokasi sekitar pukul 05.50 WIT dan setibanya di TKP langsung menyisir kali I yang merupakan kawasan penambangan emas.

"Alhamdulillah evakuasi berjalan lancar tanpa gangguan berarti," kata Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto kepada ANTARA, Jumat, (27/10/2023).

Dikatakan, kondisi keenam jenazah yang terlihat mengalami luka panah dan akibat dianiaya nampak memprihatinkan dan setelah dimasukkan ke dalam kantong jenazah langsung dievakuasi ke RSUD Dekai.

Nantinya keenam jenazah akan diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan.

Adapun identitas keenam jenazah yaitu Marsel, Rangga, Boplang, Ibrahim, Andika dan Akmal.

Dengan ditemukan dan dievakuasinya keenam jenazah maka pendulang yang tewas dalam penyerangan yang dilakukan KKB di lokasi pendulangan Kali I tercatat 13 orang, kata Akbp Heru.

Kapolres Yahukimo yang dihubungi dari Jayapura mengaku, sekitar 200 pendulang telah dievakuasi dari lokasi penambangan di sekitar Kali I, Distrik Seradala, sejak terjadinya aksi penyerangan yang terjadi Senin (16/10).

Selain menyerang para pendulang, KKB juga membakar kamp serta peralatan milik pendulang.

Untuk mencapai lokasi pendulangan dapat dijangkau sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan dan berjalan kaki," jelas Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto.

Baca juga: Sebanyak 23 korban penyerangan KKB dievakuasi ke Timika


Baca juga: KKB menyerang kamp dan tembak pendulang di Yahukimo