Danrem Wirasakti ajak kaum muda hormati jasa-jasa pahlawan

id Kota Kupang, hari pahlawan, NTT,danrem 161 wira sakti

Danrem Wirasakti ajak kaum muda hormati jasa-jasa pahlawan

Komandan Korem 161/Wirasakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang (kanan) dan Ketua DPRD NTT Emilia Nomleni menaburkan bunga ke makam salah seorang pahlawan di TMP Dharma Loka Kupang, Jumat (10/11). ANTARA/Kornelis Kaha

...Sebagai bangsa besar kita harus bisa menghargai dan menghormati jasa pahlawan yang telah berjuang dan memerdekakan negeri ini
Kupang (ANTARA) - Komandan Korem(Danrem) 161/Wirasakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang mengimbau kepada kaum muda di Nusa Tenggara Timur(NTT) untuk bisa menghargai serta menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi memerdekakan Indonesia dari jajahan para penjajah.

"Sebagai bangsa besar kita harus bisa menghargai dan menghormati jasa pahlawan yang telah berjuang dan memerdekakan negeri ini," katanya kepada wartawan  usai ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Loka bersama unsur Forkopimda, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi NTT, para pejabat TNI Polri serta pimpinan instansi vertikal lainnya di Kupang, Jumat, (10/11/2023).

Bagaimana seluruh masyarakat Indonesia khususnya kaum muda mengenang jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, katanya, tentunya dengan terus menggelorakan semangat perjuangan.

"Karena tugas kita lebih berat, kalau dulu kata Bung Karno melawan penjajah, sekarang kita melawan bangsa sendiri, artinya kita siap terus bersemangat untuk membangun, mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif," tambah dia.

Orang nomor satu di Korem 161/Wirasakti itu menambahkan bahwa pengorbanan dari para pahlawan Indonesia itu tidak sia-sia.

"Saya yakin dan percaya kita semua di sini menggelorakan semangat perjuangan dalam rangka mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif sehingga bangsa kita menjadi bangsa yang besar semakin maju dan semakin disegani oleh bangsa-bangsa lain," tegas dia.

Ketua DPRD NTT Emelia J. Nomleni  mengatakan kaum muda punya peran penting dalam menjaga bangsa dan negara. Cara untuk menghormati pengorbanan para pahlawan adalah dengan mengisinya hal-hal yang positif.

Baca juga: Danrem Wirasakti ajak masyarakat jaga kondusifitas jelang Pemilu 2024

"Tentu kita berterima kasih karena ada begitu banyak orang baik pada waktu lalu, baik itu yang dikenal namanya maupun tidak, yang telah meninggalkan legasi yang luar biasa kepada kita, sehingga hari ini kita ada di dalam kesempatan yang luar biasa, oleh karena itu mengajak semua untuk tetap menjaga spirit yang sudah ada ini," ujar dia

Baca juga: Komandan Korem Wirasakti ajak masyarakat saksikan defile alutsista TNI ke-78

Ia juga menegaskan, bahwa setiap orang akan menjadi pahlawan kecil di lingkungannya masing- masing dengan tetap menjaga NKRI, Indonesia, NTT dan tempat tinggal masing-masing dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.