Danrem Wirasakti ajak masyarakat jaga kondusifitas jelang Pemilu 2024

id Pemilu 2024,Kota Kupang,NTT,Danrem 161 WS,Korem 161 WS

Danrem Wirasakti ajak masyarakat jaga kondusifitas jelang Pemilu 2024

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang. ANTARA/Ho-Penrem

Saya mengimbau walaupun berbeda pilihan namun diharapkan tetap menjaga dan mengutamakan persatuan, kesatuan, ketenangan, kedamaian dan keamanan situasi wilayah...
Kupang (ANTARA) - Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang mengajak seluruh elemen masyarakat di NTT untuk menjaga kondusifitas wilayah jelang Pemilu 2024 mendatang.

"Sebagai tanggung jawab kita bersama seluruh komponen masyarakat dalam menjaga kondusifitas wilayah jelang Pemilu Tahun 2024, pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang kita laksanakan saat ini sangat penting," katanya di Makorem 161/Wirasakti, Rabu, (8/11/2023).

Hal ini disampaikannya di sela-sela pelaksanaan apel kesiapan pasukan pengamanan Pemilu dan juga pelaksanaan deklarasi pemilu damai di Kupang.

Deklarasi tersebut, ujar dia bertujuan agar semua elemen masyarakat bersatupadu dan berkomitmen menjaga wilayah NTT sebelum pemilu hingga selesai pemilu.

Pelaksanaan deklarasi dilakukan dengan penandatangan komitmen bersama untuk bersama-sama menjaga wilayah NTT dan memastikan agar Pemilu 2024 khususnya di provinsi berbasis kepulauan itu tetap aman terkendali.

Di kesempatan tersebut juga dilaksanakan pengecekan personel serta materiil yang digunakan dalam mendukung kelancaran pemilu tahun 2024,

Komandan berbintang satu itu juga memerintahkan agar setiap komandan dan seluruh unsur yang terlibat dalam pengamanan Pemilu benar-benar mengetahui dan memahami tugas tanggung jawabnya masing masing, sehingga memiliki kesiapsiagaan dan melaksanakan tugas pengamanan secara optimal dan tidak terjadi kesalahan prosedur di lapangan.

"Saya mengimbau walaupun berbeda pilihan namun diharapkan tetap menjaga dan mengutamakan persatuan, kesatuan, ketenangan, kedamaian dan keamanan situasi wilayah. Jangan mudah terpengaruh, terprovokasi dan diadu domba oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,"ungkap Danrem 161/Wira Sakti

Kabag Hukum dan Masyarakat KPU Provinsi NTT Andrew S.N. Katte menyampaikan apresiasi kepada Korem 161/Wira Sakti yang telah menyelenggarakan apel gelar kesiapan pengamanan pemilu tahun 2024, dilanjutkan dengan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024.

Baca juga: Komandan Korem Wirasakti ajak masyarakat saksikan defile alutsista TNI ke-78

Untuk diketahui yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Pj Gubernur NTT, Ketua DPRD Prov NTT,Kapolda NTT, Danlantamal VII/Kupang, Danlanud El Tari Kupang,Kabinda NTT, Kepala Kejaksaan Tinggi NTT,Ketua Pengadilan Tinggi Kupang serta. Ketua KPU NTT.

Baca juga: Danrem 161/Wira Sakti ingatkan prajurit TNI netral pada pemilu 2024

Tak hanya itu hadir pula Ketua Bawaslu NTT,Ketua FKUB NTT, Ketua PWI NTT, Tokoh Agama meliputi Ketua MUI NTT, Ketua GMIT Sinode NTT, Uskup Agung Kupang,Ketua PHDI Prov NTT,Ketua Walubi NTT, Tokoh adat/Pemuda,Tokoh masyarakat, Ormas dan Para Ketua Partai Politik Wilayah NTT.