BMKG siapkan fasilitas layanan informasi cuaca bagi nelayan Kota Kupang

id NTT,informasi cuaca,BMKG Kupang,nelayan oesapa

BMKG siapkan fasilitas layanan informasi cuaca bagi nelayan Kota Kupang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang telah menyiapkan layanan informasi cuaca bagi warga nelayan di Oesapa Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/Benny Jahang)

...BMKG sudah menyiapkan satu unit TV sebagai sarana layanan informasi cuaca bagi masyarakat nelayan di Oesapa Kota Kupang, sehingga para nelayan bisa lebih mudah untuk mengetahui ada potensi cuaca ekstrem atau tidak sebelum turun melaut
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang telah menyiapkan fasilitas layanan informasi cuaca bagi warga nelayan di Oesapa Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mengetahui kondisi cuaca sebelum melaut mencari ikan.

"BMKG sudah menyiapkan satu unit TV sebagai sarana layanan informasi cuaca bagi masyarakat nelayan di Oesapa Kota Kupang, sehingga para nelayan bisa lebih mudah untuk mengetahui ada potensi cuaca ekstrem atau tidak sebelum turun melaut," kata Pelaksana Jabatan Fungsional Badan Meteorologi Klimatologi,dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang, Yudhi Nugraha Septiadi di Kupang, Senin, (13/11/2023).

Ia mengatakan layanan informasi yang disiapkan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang adalah Indonesian weather information for shipping (INA-WIS) digunakan sebagai sarana informasi bagi para nelayan tentang kondisi cuaca.

Melalui aplikasi INA-WIS yang disiapkan di Oesapa kata dia para nelayan bisa mendapatkan informasi tentang kondisi cuaca seperti apakah ada potensi angin kencang atau gelombang tinggi di lokasi pencarian ikan.

Ketersediaan fasilitas itu sangat membantu para nelayan dalam mendapatkan informasi cuaca, sehingga bisa nyaman saat turun melaut mencari ikan.

Baca juga: Hujan lebat berpotensi landa sejumlah wilayah di Tanah Air

Sejak BMKG membangun fasilitas layanan informasi cuaca di Oesapa pada 2022 lalu, risiko terjadinya kasus kecelakaan laut yang dialami para nelayan sebagai dampak cuaca ekstrem menjadi berkurang.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat waspada cuaca ekstrem

"Dampak lain dari adanya fasilitas informasi cuaca yang dibangun di Oesapa selain kecelakaan laut berkurang, juga membuat keluarga para nelayan merasa nyaman saat para suaminya turun mencari ikan ke laut karena kondisi cuaca sangat mendukung. Berbeda dengan sebelumnya keluarga selalu cemas sebelum adanya fasilitas ini," kata Yudhi Nugraha Septiadi.