ASDP siapkan tambahan kapal penyeberangan dukung prosesi Semana Santa di Larantuka

id ASDP, Semana Santa 2024,Kota Kupang

ASDP siapkan tambahan kapal penyeberangan dukung prosesi Semana Santa di Larantuka

Ilustrasi - Prosesi Semana Santa di Larantuka, NTT. ANTARA/HO-ASDP Kupang

...Ada lima ekstra trip dari ASDP bagi para peziarah yang akan mengikuti prosesi Semana Santa di Larantuka, kata General Manager ASDP Cabang Kupang Sugeng Purwono di Kupang, NTT, Rabu, (20/3/2024)
Kupang, NTT (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, NTT, menyiapkan tambahan kapal penyeberangan guna mendukung wisata religi yakni prosesi Semana Santa di Larantuka, NTT, yang akan dimulai pada 25 Maret 2024.

"Ada lima ekstra trip dari ASDP bagi para peziarah yang akan mengikuti prosesi Semana Santa di Larantuka," kata General Manager ASDP Cabang Kupang Sugeng Purwono di Kupang, NTT, Rabu, (20/3/2024).

Dia mengatakan bahwa penambahan penyeberangan itu dilakukan sebagai bagian dari upaya ASDP menyukseskan pelaksanaan prosesi Semana Santa di Larantuka, yang telah menjadi tradisi umat Katolik menjelang Hari Raya Paskah.

Dia mengatakan lima jadwal kapal penyeberangan yang ditambah itu yakni pada Jumat (22/3/2024) pukul 13.00 Wita, Minggu (24/3/2024) pukul 14.00 Wita, Selasa (26/3/2024) pukul 13.00 Wita, Kamis (28/3/2024) 12.00 Wita, dan Jumat (29/3/2024) pukul 13.00 Wita.

"Biasanya kalau sesuai jadwal hanya di hari Minggu dan Selasa saja, tetapi untuk prosesi Semana Santa ditambah lagi," ujar dia.

Sugeng menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan jika dalam satu hari terdapat lonjakan peziarah, maka pihak ASDP akan menyiapkan kapal tambahan lagi.

"Kita lihat situasi saja nanti. Jika memang membludak penumpangnya akan kami tambah lagi armadanya, sehingga bisa jadi satu hari ada dua armada yang diberangkatkan," ujar dia.

Sugeng menambahkan pihaknya sudah membicarakan hal ini dengan Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Timur dalam rapat bersama di Kantor Dinas Perhubungan NTT pada Selasa (19/3/2024) kemarin.

Baca juga: Pemkab Flores Timur klaim belanja peziarah Semana Santa capai Rp15 miliar
Baca juga: Keuskupan Larantuka ajak para peziarah bangun gerakan ekologi ekspresi iman
Baca juga: Romo Saban ajak umat dan peziarah tanam pohon serta jaga alam



Plt Kepala Dinas Perhubungan NTT Mahadin mengatakan bahwa penambahan armada setiap harinya itu diharapkan bisa mengakomodasi peziarah yang akan berangkat ke Larantuka.

"Kalau untuk gratis sampai saat ini belum ada, kalau sudah ada, pasti akan kami informasikan, tetapi bahwa ada penambahan armada, jadi peziarah bisa menyesuaikan dengan jadwal yang ada," tambah dia.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ASDP siapkan tambahan kapal feri dukung prosesi Semana Santa NTT