Panitia siapkan jalur khusus bagi peziarah rentan Semana Santa Larantuka

id semana santa, larantuka, flores timur, ntt, flores, keagamaan, wisata rohani

Panitia siapkan jalur khusus bagi peziarah rentan Semana Santa Larantuka

Peziarah yang hendak mengikuti Semana Santa Larantuka mendaftar kembali ke panitia, di Larantuka, Flores Timur, NTT, Selasa (26/3/2024) malam. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Ketika daftar itu memang sudah ada, datanya masih dirampungkan...
Larantuka (ANTARA) - Panitia Semana Santa Larantuka 2024 menyiapkan jalur khusus bagi para peziarah rentan yang hadir di Kota Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Peziarah yang mengalami keadaan khusus seperti lansia (lanjut usia), sedang dalam keadaan sakit, ibu hamil atau menyusui, balita, serta difabel mengenakan tanda pengenal khusus dan diberi prioritas pelayanan pada saat lakukan ziarah," kata Ketua Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Larantuka Romo Ansel Liwun saat memberikan keterangan pers di Gereja Reinha Rosari Katedral, Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur, Selasa, (26/3/1024) malam.

Semana Santa merupakan tradisi perayaan keagamaan di Flores Timur selama Pekan Suci yang selalu ramai diikuti oleh peziarah. Semana Santa Larantuka tahun 2024 berlangsung mulai 26 Maret hingga 31 Maret dengan menitikberatkan pada liturgi dan devosi.  

Romo Ansel mengatakan prioritas layanan diberikan saat para peziarah tersebut melakukan ziarah ke Kapela Tuan Ma dan Tuan Ana serta tempat devosi lainnya.

Mereka pun akan mendapatkan tanda pengenal khusus seperti pita warna merah dan diberikan jalur khusus oleh panitia ketika hendak berziarah.  

Ia menyatakan komitmen panitia Semana Santa 2024 untuk memberikan pelayanan yang ramah terhadap kelompok rentan.

Mereka akan didahulukan dalam berbagai pelayanan, serta disediakan kursi roda bagi yang membutuhkan.

"Ketika daftar itu memang sudah ada, datanya masih dirampungkan," ucapnya.  

Selain menjamin ziarah yang ramah pada kelompok rentan, Panitia Semana Santa 2024 juga menyiagakan mobil ambulans dalam rangka pelayanan tanggap darurat bagi peziarah yang membutuhkan.

Layanan kesehatan berjalan itu juga disiapkan pada jalur-jalur yang telah ditentukan.

"Maka dilarang keras kepada siapa pun untuk melarang mobil ambulans melintasi jalur," kata dia.  

Data terakhir panitia pada pukul 18.00 WITA mencatat jumlah peziarah yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti ziarah sebanyak 4.136 orang, sedangkan yang telah melakukan konfirmasi kembali di lokasi kegiatan sebanyak 926 peziarah.

Romo Ansel menegaskan semua peziarah wajib mengenakan tanda pengenal peziarah yang dikeluarkan oleh panitia.

"Tidak diperkenankan mengenakan tanda pengenal atau atribut lain yang mengganggu kenyamanan dalam menjalankan ziarah selama pekan suci," kata Romo Ansel menegaskan.

Baca juga: PLN siagakan alat kelistrikan andal untuk Semana Santa

Baca juga: Uskup Larantuka harapkan Prosesi Semana Santa berjalan aman dan lancar

Baca juga: Satgas Semana Santa Turangga 2024 gelar patroli menjelang perayaan Paskah

Baca juga: ASDP siapkan tambahan kapal penyeberangan dukung prosesi Semana Santa di Larantuka





 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Panitia siapkan jalur khusus peziarah rentan Semana Santa Larantuka