BMKG imbau petani Mabar optimalkan penggunaan air di musim kemarau

id BMKG, petani, kemarau, Manggarai Barat, NTT, Stasiun Meteorologi Komodo,Maria Patricia Christin Seran, Kepala Stasiun Me

BMKG imbau petani  Mabar optimalkan penggunaan air di musim kemarau

Seorang petani saat menunjukkan areal persawahan di Persawahan Lembor, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat. (ANTARA/Gecio Viana)

...Manfaatkan sistem pengairan yang efisien dan pertimbangkan untuk menyimpan cadangan air ketika terjadi hujan di musim kemarau, kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Maria Patricia Christin Seran dihubungi di Labuan Bajo, Rabu, (28/8)
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau para petani di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) agar mengoptimalkan penggunaan air untuk irigasi tanaman pada musim kemarau tahun 2024.

"Manfaatkan sistem pengairan yang efisien dan pertimbangkan untuk menyimpan cadangan air ketika terjadi hujan di musim kemarau," kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Maria Patricia Christin Seran dihubungi di Labuan Bajo, Rabu, (28/8).
 
Pada bulan Agustus, wilayah NTT berada pada puncak musim kemarau. Musim kemarau di wilayah Manggarai Barat identik dengan angin Timur-Tenggara dengan kecepatan rata-rata berkisar 20-30 km/jam dan kecepatan angin maksimum dapat mencapai 45 km/jam, bahkan lebih.
 
BMKG juga mengimbau para petani untuk melakukan pemantauan rutin dan tindakan pengendalian yang tepat dari kemungkinan munculnya hama dan penyakit tanaman yang biasa terjadi saat musim kemarau.
 
"Petani juga dapat memilih varietas tanaman yang lebih tahan terhadap kekeringan dan sesuaikan dengan kondisi iklim yang ada," kata Maria.
 
Ia meminta para petani dan warga Manggarai Barat untuk berhati-hati terhadap potensi kebakaran lahan pada musim kemarau dan menjaga kebersihan area pertanian.

Baca juga: BMKG: cuaca cerah hingga berawan tebal di Mabar selama sepekan
"Hindari membakar sisa-sisa tanaman, dan selalu update informasi cuaca dan peringatan dini dari BMKG untuk merespons perubahan kondisi cuaca dengan cepat dan tepat," kata Maria.

Baca juga: BMKG perkirakan hujan di beberapa kota besar
 
Maria berharap imbauan yang disampaikan BMKG dapat membantu petani di Kabupaten Manggarai Barat untuk mengelola usaha pertanian dengan lebih baik selama musim kemarau. "Tetap waspada dan jaga kesehatan serta keselamatan," katanya.