PLN NTT layani sembilan pelanggan panel surya atap

id PLN

PLN NTT layani sembilan pelanggan panel surya atap

General Manager PT PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur Ignatius Renroyoko. (ANTARA Foto/Asis Lewokeda)

PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur sementara melayani sedikitnya sembilan pelanggan di daerah itu yang hendak memasang listrik panel surya atap (rooftop)
Kupang (ANTARA News NTT) - PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur sementara melayani sedikitnya sembilan pelanggan di daerah itu yang hendak memasang listrik panel surya atap (rooftop)

"Kita di NTT baru sembilan pelanggan yang mau menggunakan rooftop, sekarang sedang kami proses untuk pelayanannya," kata Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah NTT Andhoko Soeyono di Kupang, Senin (18/2).

Ia mengatakan, layanan listrik panel surya atap dilakukan seiring dikeluarkananya Peraturan Menteri ESDM No 49 tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Oleh Konsumen PLN.

Menurutnya, tujuan kehadiran layanan ini untuk menggalakkan pemanfaatan energi bersih (go green) sehingga bisa mengurangi emisi karbon di masa mendatang.

"Karena itu siapa pun pelanggan boleh memasang rooftop dan nanti dikoneksikan dengan jaringan PLN," katanya.

Di NTT, lanjunya, baru sembilan pelanggan yang mendaftar sebagai pemula untuk memanfaatkan layanan tersebut dan saat ini pihaknya sedang memproses untuk merealisasikannya.

Baca juga: PLN siapkan 25 MW dukung investasi di Pulau Timor

Andhoko mengatakan, untuk biaya investasi untuk pemasangan listrik panel surya atap disediakan sendiri dari pihak pelanggan.

Dijelaskannya, ketika daya yang dihasilkan dari panel surya atap yang dimiliki melebihi pemakaian setiap bulan, maka PLN akan membeli daya sisa tersebut.

"Jadi sistemnya eksport-import daya. Misalnya pelanggan memakai 100 Kwh/bulan, kemudian memproduksi daya di rooftop 40 Kwh/bulan maka hanya membayar untuk 60 Kwh ke PLN," katanya.

Ia menambahkan, keuntungan bagi pelanggan yang mengunakan panel surya atap ini selain lebih mengehemat biaya, selai itu menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi karbon.

"Jadi kalau bagi pelanggan yang ingin pasang rooftop langsung saja ke PLN, nanti akan dilayani," katanya.

Baca juga: Badan Geologi kaji ulang PLTP Mataloko di Flores
Baca juga: PLN targetkan 600 desa di NTT berlistrik dalam tahun ini