Rp295 juta untuk penukaran uang lusuh di Pulau Pemana

id BI

Rp295 juta untuk penukaran uang lusuh di Pulau Pemana

Ketua Tim Satgas Ekspedisi Kas Keliling pulau 3T Nurdin Elon (kedua kiri) sedang memberikan kata sambutan saat membuka kegiatan penukaran uang lusuh, sosialisasi di Desa Pemana, Kabupaten Sikka, Selasa (24/9/2019). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Bank Indonesia (BI) menyiapkan dana sebesar Rp295 juta untuk penukaran uang lusuh di Pulau Pemana, Kabupaten Sikka, yang berada di wilayah paling utara NTT dalam kegiatan ekspedisi kas keliling pulau terluar, terdepan dan terpencil (3T).
Kupang (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) menyiapkan dana sebesar Rp295 juta untuk penukaran uang lusuh di Pulau Pemana, Kabupaten Sikka, yang berada di wilayah paling utara Nusa Tenggara Timur dalam kegiatan ekspedisi kas keliling pulau terluar, terdepan dan terpencil (3T).

"Untuk pulau keempat ini, kami siapkan dana sebesar Rp295 juta agar masyarakat dan perbankan bisa menukarkan uang lusuh," kata Ketua Tim Ekspedisi Kas Keliling Pulau 3T Nurdin Elon kepada ANTARA di Desa Pemana, Kabupaten Sikka, Selasa (24/9).

Pulau Pemana adalah pulau terluar di bagian utara Pulau Flores. Untuk mencapai pulau itu warga harus berlayar selama dua jam dari Kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka. Umumnya penghuni pulau itu adalah para nelayan dari Bajo, Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Ekspedisi kas keliling - Diharapkan penukaran uang lusuh menyebar di seluruh wilayah
Baca juga: Ekspedisi kas keliling - Antusiasme warga 3T tukar uang lusuh


Nurdin melihat bahwa walaupun pulaunya kecil namun warga di Desa Pemana sangat antusias untuk melakukan penukaran uang, yang  terbukti dari banyaknya warga di desa itu yang mengantre untuk menukar uang rupiah lusuh.

"Kami berharap dana Rp295 juta yang kami bawa ini bisa habis apalagi melihat antusiasme masyarakat di sini," katanya dan menambahkan sudah sekitar Rp1,5 miliar modal dihabiskan untuk penukaran uang lusuh tersebut.

Penukaran uang lusuh dimulai dari Waikelo di Pulau Sumba, dan seterusnya ke Pulau Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, serta Pulau Pemana di Kabupaten Sikkan..

Bank Indonesia dalam ekspedisi kas keliling ke pulau-pulau 3T ini membawa modal sekitar Rp3 miliar. "Kami berharap di pulau terakhir ini modal yang dibawa itu bisa habis tertukar dengan uang lusuh yang didapat dari masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Penukaran uang lusuh di Pulau 3T capai Rp2,3 miliar
Baca juga: Bank NTT berhasil tukarkan Rp300 juta uang lusuh