Mobilisasi tenaga medis tangani COVID-19, NTT siapkan pesawat khusus

id NTT,cegah corona, covid-19, tenaga medis, dokter ahli paru

Mobilisasi tenaga medis tangani COVID-19, NTT siapkan pesawat khusus

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Yosef Nae Soi saat memberikan pengarahan kepada tim penanganan COVID-19 serta sejumlah dokter ahli dan tenaga medis di Kupang, Senin (23/3/2020). ANTARA/HO-Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT

Pemerintah menyiapkan pesawat khusus untuk mobilisasi secara cepat mengingat dokter ahli paru masih sangat kurang di NTT
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan pesawat khusus untuk memobilisasi para tenaga medis ke daerah-daerah di provinsi berbasiskan kepulauan itu, guna menangani warga yang terserang virus Corona baru (COVID-19).

"Sesuai dengan perintah Bapak Gubernur (Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, red.) bahwa kita menggerakkan semua sumber daya untuk penanganan COVID-19, termasuk menyiapkan pesawat khusus untuk mobilisasi tenaga medis," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu, di Kupang,  Selasa, (24/3).

Ia mengemukakan hal itu terkait kesiapsiagaan Pemerintah Provinsi NTT dalam menghadapi serangan COVID-19 yang merebak di berbagai daerah di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini.

Baca juga: Transportasi udara di NTT tidak ditutup

Dia mengatakan pemerintah provinsi berupaya menyiapkan sarana angkutan udara yang memadai untuk memobilisasi logistik maupun para tenaga medis, khususnya dokter ahli paru, guna menangani serangan COVID-19.

Marius menjelaskan penyakit COVID-19 menyerang paru-paru manusia sehingga peran dokter ahli paru menjadi penting dalam melakukan penanganan.

"Karena itu pemerintah siapkan pesawat khusus untuk mobilisasi secara cepat mengingat dokter ahli paru masih sangat kurang di NTT sementara geografis daerah kita bercirikan kepulauan," katanya.

Dia menyebutkan saat ini NTT hanya memiliki lima dokter ahli paru yang menyebar, di antaranya RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang tiga orang, RS Siloam dan RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, masing-masing satu orang.

Baca juga: Kemenkumham NTT: Petugas kesehatan perlu disiagakan di Pos Lintas Batas Turiskain

Oleh karena itu, kata dia, kalau seandainya banyak warga positif COVID-19 maka membutuhkan pergerakan yang cepat dari para dokter ahli paru tersebut.

"Karena itu gubernur telah menegaskan bahwa segala cara akan dikerahkan untuk memobilisasi para dokter ahli paru ini supaya kalau ada pasien positif maka bisa tertangani dengan baik," katanya.

Upaya itu, kata dia, untuk kecepatan penanganan pasien terkait virus Corona baru itu. "Karena tidak mungkin tenaga ahli seperti penumpang pesawat biasa yang menunggu waktu terbang sementara pasien sedang membutuhkan penanganan cepat," katanya.