Ratusan sampel swab segera diperiksa di RSUD Johannes Kupang

id pemeriksaan swab,corona,ntt,kupang

Ratusan sampel swab segera diperiksa di RSUD Johannes Kupang

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere sedang memberikan keterangan kepada wartawan. ANTARA/Bernadus Tokan

Mulai Kamis, (7/5), sampel swab dari seluruh daerah sudah bisa mulai dilakukan pemeriksaan,
Kupang (ANTARA) - Sekitar 300 sampel swab yang dikirim dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan segera diperiksa di laboratorium RSUD Prof.Dr. W.Z Johannes Kupang.

"Laboratorium untuk pemeriksaan swab sudah siap. Mulai Kamis, (7/5), sampel swab dari seluruh daerah sudah bisa mulai dilakukan pemeriksaan," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi NTT, Dominikus Mere, di Kupang, Rabu (6/5).

Dominikus Mere yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT mengemukakan hal itu, berkaitan dengan masalah yang dihadapi kabupaten/kota di NTT dalam pemeriksaan sampel swab.

Baca juga: RSUD Johannes Kupang siap periksa sampel swab COVID-19
Baca juga: NTT siapkan pesawat khusus angkut swab COVID-19 ke Kupang


Menurut dia, cairan pereaksi kimia atau reagen untuk melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR), yang menjadi kendala selama ini sudah tersedia.

Saat ini kata dia, telah tersedia delapan koli reagen terdiri dari 5 mili liter (ml) reaction vesel sebanyak 192 tube, 200 ml reagent vesel sebanyak 4 pack.

Dia menambahkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan cepat dan memperluas pemusatan pemeriksaan di beberapa rumah sakit seluruh kabupaten di NTT.

Di antaranya, di RSUD Komodo Labuan Bajo, RSUD TC Hillres Maumere, RSUD Ende, RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, dan RSUD Gabriel Manek Atambua.

Baca juga: Menanti beroperasinya laboratorium pemeriksaan swab di Kupang

Dia mengatakan, dalam waktu dekat, teknisi TCM akan datang ke Kupang untuk membawa serta Catridge Reagen.

Dengan alat ini, Dinkes maupun masyarakat, akan cepat mengetahui berapa orang dinyatakan positif COVID-19, katanya menjelaskan.

Secara terpisah, Kepala Ruang Laboratorium RSUD Johannes Kupang, Hermi Indita Malewa mengatakan, dengan adanya PCR di RSUD Johannes Kupang, maka tenaga medis akan segera memeriksa 300 sampel swab yang sudah dikirim dari berbagai kabupaten/kota.

"Mulai Kamis, (7/5) ini, sudah akan dilakukan pemeriksaan sampel swab yang menumpuk di RSUD Johannes Kupang," katanya.