Instalasi air bersih Kota Kupang senilai Rp189 miliar dibangun

id Air NTT

Instalasi air bersih Kota Kupang senilai Rp189 miliar dibangun

Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jefri Riwu Kore. (Antara/ Benny Jahang)

Alokasi anggaran sebesar itu untuk membangun  IPA air bersih di Kali Dendeng dengan kapasitas 150 liter per detik
Kupang (ANTARA) - Instalasi pengolahan air bersih (IPA) Kali Dendeng, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, senilai Rp189 miliar lebih segera dibangun guna mengatasi persoalan kekurangan air bersih di ibu kota Provinsi NTT itu.

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore di Kupang, Jumat (15/5) mengatakan pada Rabu (13/5) digelar rapat virtual yang secara khusus membahas persiapan pembangunan fasilitas air bersih di ibu kota Provinsi NTT itu dengan Kasubdit SPAM Wilayah III, Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, Ditjen Cipta Karya, Fajar Eko Antono.

"Alokasi anggaran sebesar itu untuk membangun  IPA air bersih di Kali Dendeng dengan kapasitas 150 liter per detik," kata Walikota Kupang.

Alokasi anggaran itu  untuk beberapa kegiatan proyek meliputi sistem transmisi dengan uraian pekerjaan persiapan, sistem intake air baku dan jaringan perpipaan transmisi.

Baca juga: Air bersih sangat penting bagi Labuan Bajo
Baca juga: Untuk pembangunan fasiltas air bersih-sanitasi, Bank NTT siapkan modal kredit


Untuk distribusi dengan sasaran meliputi sistem pengolahan air bersih dan reservoir 3000 m3, sistem reservoir distribusi dengan kapasitas 1000 m3 berlokasi di Nun Baun Sabu, jaringan perpipaan distribusi, penyelenggaraan sistem manajemen keselamatan kesehatan kerja (SMK3) konstruksi dan pemasangan sambungan rumah.

Pelaksanaan pekerjaan konstruksi mencakup uji kualitas barang dan bangunan seperti kualitas material, kualitas konstruksi IPA, kualitas konstruksi pekerjaan sipil, kualitas konstruksi pekerjaan pipa, kualitas konstruksi pekerjaan ME dan kualitas SCADA.

Jefri mengatakan, kali Dendeng sebelumnya telah memiliki bendungan yang dibangun Pemerintah Kota Kupang.

Pemerintah Kota Kupang tambah Jefri menyampaikan terimah kasih kepada pemerintah Pusat yang segera merealisasikan pembangunan sarana air minum di daerah ini.

"Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat, yang jelas kami siap membantu dalam situasi apapun termasuk perizinan dan hal-hal yang mendukung proses pekerjaan ini berjalan dengan baik," tegasnya.