Kementerian PUPR diminta bantu perbaiki irigasi Noelbaki

id ntt,kupang

Kementerian PUPR diminta bantu perbaiki irigasi Noelbaki

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jhoni Nomseo. (Antara/ Benny Jahang)

Kerusakan jaringan irigasi di Noelbaki sudah terjadi sejak 2019
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengharapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Sungai NTT membantu memperbaiki jaringan irigasi di Noelbaki sehingga puluhan hektare sawah di kawasan itu bisa ditanami padi pada musim tanam mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kupang, Jhoni Nomseo kepada wartawan di Oelamasi, Rabu (8/7), mengatakan saluran irigasi di persawahan Noelbaki rusak yang mengakibatkan puluhan hektare sawah di daerah itu mengalami gagal taman pada musim taman ini.

Ia mengatakan kerusakan jaringan irigasi di Noelbaki sudah terjadi sejak 2019 dan kondisi kerusakan saluran semakin besar di tengah terbatasnya debit air yang mengalir ke kawasan persawahan Noelbaki.

Menurut Jhoni, perbaikan saluran irigasi Noelbaki merupakan kewenangan Balai Sungai NTT, sehingga perbaikan maupun membangun saluran irigasi di kawasan persawahan Noelbaki menjadi kewenangan pemerintah pusat.
Sawah milik petani di Noelbaki, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur pada musim taman ini tidak ditanami padi karena kekurangan air sebagai dampak rusaknya saluran irigasi pada persawahan setempat. (Antara/ Benny Jahang)

"Kami mengharapkan pemerintah pusat bisa membantu petani di Noelbaki sehingga puluhan hektare sawah di Noelbaki bisa ditanami padi pada musim tanam mendatang," kata Jhony.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Pandapotan Sialagan yang dihubungi secara terpisah mengatakan rusaknya saluran irigasi di Noelbaki menyebabkan distribusi air dari sumber air Sagu tidak mampu mengairi puluhan hektare sawah milik petani di daerah itu, sehingga pada musim taman ini tidak dapat ditanami padi oleh petani setempat.

Baca juga: Petani Kupang keluhkan saluran irigasi rusak