Realisasi BST tahap di Manggarai Raya capai 98 persen

id BST, NTT, Kabupaten Kupaang,Kota Kupang,Manggarai

Realisasi BST tahap di Manggarai Raya capai 98 persen

Proses pemcairan BST di kantor Pos Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat. (Antara Foto/ Kornelis Kaha)

Artinya bahwa di tahap satu itu realisasi dananya sudah mencapai Rp18,6 miliar dengan jumlah KPM yang sudah mendapatkan bantuan itu mencapai 31.075 kepala keluarga
Kupang (ANTARA) - Realisasi pembayaran bantuan sosial tunai (BST) tahun 2020 untuk tahap tiga di tiga kabupaten yakni Manggarai Barat, Mangarai Timur dan Manggarai atau yang dikenal dengan sebutan Manggarai Raya hingga saat ini sudah mencapai 98 persen dari total dana yang dialokasikan sebesar Rp18,5 miliar.

Kepala Kantor Pos Komodo Manggarai Barat Tri Rahayu kepada wartawan di Labuan Bajo, Ahad,  mengatakan bahwa hingga saat ini realisasi pembayaran BST tahap III sudah mencapai Rp18,3 miliar. "Kami mau sampaikan bahwa untuk tahap tiga penyaluran BST sudah hampir 100 persen," katanya.

Ia mengatakan bahwa data keluarga penerima manfaat (KPM) di BST tahapan ketiga ini mencapai 30.969 kepala keluarga (KK). Kini sampai dengan pertengahan Juli realisasinya sudah mencapai 30.499 KK.

Baca juga: Menteri: Banyak daerah belum melakukan pemutakhiran data penerima BST

Sehingga yang masih tersisa 470 kepala keluarga belum menerima bantuan tersebut karena masih dalam pendataan. Dia juga berharap agar pada akhir Juli mendatang sudah 100 persen penerima manfaatnya.

Jika dibandingkan dengan dengan realisasi pembayaran BST di tahap satu dan dua memang terlihat terus mengalami peningkatan.

Di tahap satu, misalnya dari alokasi dana sebesar Rp21,6 miliar dengan keluarga penerima manfaat mencapai 35.995 kepala keluarga, realisasinya justru mencapai 86 persen.

"Artinya bahwa di tahap satu itu realisasi dananya sudah mencapai Rp18,6 miliar dengan jumlah KPM yang sudah mendapatkan bantuan itu mencapai 31.075 kepala keluarga," ujarnya.

Sementara di tahap kedua realisasi pembayaran BST juga hanya mencapai 87 persen dan tidak 100 persen dari total dana yang dialokasikan mencapai Rp20,9 miliar.

Baca juga: Legislator minta Pemkot Kupang perhatikan penerima BST

Sejauh ini berbagai proses penyaluran pembayaran BST terus dilakukan, apalagi sudah ada keputusan dari pemerintah bahwa BST akan diperpanjang hingga Desember 2020, yang mana turun menjadi Rp300 ribu per bulan dari sebelumnya Rp600 ribu per bulan.*