BPPD dorong pembentukan paket wisata Pulau Flores bagian timur

id NTT,BPPD NTT,paket wisata,wisata Pulau Flores,Wisata Flores Timur,Wisata Lembata

BPPD dorong pembentukan paket wisata Pulau Flores bagian timur

Objek wisata Pulau Pasir Mekko di Dusun Meko, Desa Pledo, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Perlu disiapkan paket yang baku khusus untuk wisata di wilayah Flores bagian timur supaya wisatawan yang ke Flores tidak hanya ke barat saja di Labuan Bajo dan sekitarnya
Kupang (ANTARA) - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Nusa Tenggara Timur mendorong pembentukan paket wisata khusus untuk wilayah Pulau Flores bagian timur yang mencakup sejumlah wilayah di antaranya Kabupaten Sikka, Flores Timur, dan Lembata.

"Perlu disiapkan paket yang baku khusus untuk wisata di wilayah Flores bagian timur supaya wisatawan yang ke Flores tidak hanya ke barat saja di Labuan Bajo dan sekitarnya," kata Ketua BPPD Provinsi NTT, Rocky Pekudjawang, ketika dihubungi di Kupang, Kamis, (6/8).

Baca juga: Dubes Seychelles jajaki potensi pariwisata 17 pulau Riung

Ia mengatakan dirinya telah membicarakan pembuatan paket wisata ini dengan kepala daerah di Flores Timur dan Lembata dan dalam waktu dekat pihaknya akan berkunjung untuk persiapan paket wisata dimaksud.

Rocky mengatakan banyak destinasi wisata di Pulau Flores bagian timur yang sangat eksotik dan memiliki nilai jual tinggi untuk dipromosikan ke pasar wisata.

Ia mencontohkan seperti di Flores Timur memiliki wisata religi berupa tradisi Semana Santa menjelang Hari Raya Paskah di Kota Larantuka, wisata perairan di Pulau Pasir Mekko, wisata pantai dan bahari di Pulau Adonara dan Pulau Solor, selain itu di Lembat juga memiliki tradisi penangkapan ikan paus di Lamalera serta wisata alam dan pegunungan yang indah.

"Berbagai potensi ini memiliki daya tarik yang besar sehingga kita dorong agar ada paket wisata yang baku untuk disuguhkan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara," katanya.

Rocky menjelaskan, paket wisata yang dimaksud mencakup rencana perjalanan ke sejumlah destinasi di bagian timur Pulau Flores.

Misalnya, lanjut dia, wisatawan yang masuk ke wilayah Flores bagian timur melalui Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka maka bisa dibawa untuk berkunjung ke Taman Nasional Kelimutu di Kabupaten Ende.

Baca juga: BPPD NTT gencar promosikan pariwisata secara digital

Baca juga: NTT sudah siapkan tujuh destinasi baru untuk wisatawan


Setelah itu, dilanjutkan dengan perjalanan jalur darat menuju Flores Timur maupun menyeberang ke Lembata.

"Perjalanan darat ini juga menarik karena wisatawan disuguhkan pula dengan keindahan alam serta budaya masyarakat setempat," katanya.

Rocky berharap agar paket wisata ini segera hadir agar bisa menarik kunjungan wisatawan sehingga menambah geliat pariwisata di wilayah Pulau Flores bagian timur.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar