Lanal Labuan Bajo gelar vaksinasi di Pulau Messah

id Vaksinasi, Pulau Messah, TNI AL, labuan bajo, manggarai barat, NTT

Lanal Labuan Bajo gelar vaksinasi di Pulau Messah

Vaksinator dari Puskesmas Labuan Bajo menyuntikkan vaksin ke salah seorang warga Pulau Messah dalam kegiatan "Serbuan Vaksinasi" masyarakat maritim diselenggarakan Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo di Pulau Messah, Manggarai Barat, NTT, Jumat (27/8/2021) (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Serbuan Vaksinasi' bagi warga maritim di Pulau Messah ini lanjutan dari kegiatan vaksinasi di Mako Lanal Labuan Bajo beberapa waktu lalu
Labuan Bajo (ANTARA) -
Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo menggelar pelayanan vaksinasi bagi warga Pulau Messah, Desa Pasir Putih, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"'Serbuan Vaksinasi' bagi warga maritim di Pulau Messah ini lanjutan dari kegiatan vaksinasi di Mako Lanal Labuan Bajo beberapa waktu lalu," kata Perwira Staf Operasi Lanal Labuan Bajo Kapten Jafar di Pulau Messah, Labuan Bajo, Jumat, (28/8).

Ia mengatakan Lanal Labuan Bajo berinisiatif melakukan vaksinasi di pulau untuk mempermudah akses masyarakat mendapatkan layanan vaksinasi.

"Sehingga masyarakat yang kesulitan transportasi bisa terakomodir melalui layanan vaksinasi di pulau tersebut," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Lanal Labuan Bajo bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Lanal Labuan Bajo menyediakan 500 dosis vaksin Sinovac untuk melayani warga. Vaksinasi dilakukan oleh vaksinator dari Puskesmas Labuan Bajo.

Ia menjelaskan kegiatan serupa akan dilakukan di pulau lainnya. Hingga saat ini, Lanal Labuan Bajo memiliki stok vaksin 2.000-an dosis. Stok vaksin tersebut akan diberikan kepada masyarakat kepulauan.

Penjabat Kepala Desa Pasir Putih Ibrahim Hamso mengatakan sebagian warga setempat telah menerima vaksin di Labuan Bajo karena mereka, antara lain bekerja sebagai tenaga kesehatan, tenaga pendidik, dan aparat desa.

Selain kelompok tersebut, katanya, masih belum menerima vaksin, dengan macam-macam alasan, antara lain kendala transportasi dan masih ada yang belum percaya manfaat penting vaksinasi di tengah pandemi COVID-19 karena terpengaruh hoaks.

Baca juga: Lanal Labuan Bajo donor darah wujud TNI AL peduli

Ia berharap, vaksinasi di desa itu bisa memenuhi target 500 jiwa. Tercatat, jumlah warga Desa Pasir Putih 1.984 jiwa atau 519 kepala keluarga.

Baca juga: TNI Angkatan Laut gelar vaksinasi bagi warga di Labuan Bajo