Kabupaten Kupang luncurkan aplikasi rekomendasi tanah

id NTT,aplikasi tanah

Kabupaten Kupang luncurkan aplikasi rekomendasi tanah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Obet Laha (kedua dari kiri) saat peluncuran aplikasi alekot di Oelemasi, Rabu. (ANTARA/ISTIMEWA)

...Alekot merupakan aplikasi yang dihadirkan untuk memberikan pelayanan rekomendasi atas lokasi tanah di Kabupaten Kupang secara daring.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur meluncurkan aplikasi layanan elektronik rekomendasi tanah (Alekot) guna memudahkan pelayanan rekomendasi atas lokasi tanah yang dilakukan secara daring di daerah itu.

"Pemerintah Kabupaten Kupang mengapresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mencurahkan kreativitas dan inovasinya dalam menyusun, merancang dan mendesain aplikasi alekot ini untuk mendukung pembangunan pertanahan di daerah ini," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kupang, Obet Laha dalam sambutannya pada acara peluncuran aplikasi alekot di Oelemasi, Rabu, (15/9).

Aplikasi Layanan Elektronik Rekomendasi Tanah (Alekot) merupakan aplikasi yang dihadirkan untuk memberikan pelayanan rekomendasi atas lokasi tanah di Kabupaten Kupang secara daring.

Dia mengatakan, aplikasi ini akan memperoleh antusiasme positif dari masyarakat karena memudahkan masyarakat dalam pelayanan dalam bidang pertanahan.

Menurut dia melalui aplikasi itu bisa mengefisiensikan waktu, tenaga dan biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk dapat menjangkau unit penyelenggara pelayanan demi memperoleh pelayanan rekomendasi atas lokasi tanah di Kabupaten Kupang.

Ia menjelaskan, masyarakat hanya dengan meluangkan waktu untuk mengisi data identitas pemohon, data lokasi tanah dan mengunggah beberapa dokumen pertanahan, menggunakan komputer atau ponsel pintar yang terkoneksi internet, maka masyarakat sudah dapat terlayani secara daring oleh unit penyelenggara pelayanan.

Obet Laha berharap pelayanan aplikasi ini hanya dapat diakses oleh pengguna yang identitasnya jelas dan dengan dokumen administrasi yang sah untuk alasan keamanan.

"Pemerintah mengapresiasi terhadap terobosan membanggakan untuk inovasi daerah dalam rangka peningkatan kinerja pemerintah daerah dan pelayanan publik yang optimal," kata Obet Laha.

Dia menambahkan aplikasi Alekot juga sebagai pendorong bagi perangkat daerah lainnya di Kabupaten Kupang untuk melakukan inovasi terhadap pelayanan publik yang diselenggarakan, sehingga amanat sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dapat kita terapkan di Kabupaten Kupang.

Baca juga: Kabupaten Kupang sosialisasikan perda penanganan stunting

Baca juga: Dinkes Kabupaten Kupang keberatan ditetapkan berstatus PPKM level IV
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021