Pilkada 2018 - Debat Cagub NTT tetap di Jakarta

id debat

Debat terbuka para kandidat Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 tahap pertama di iNews TV Jakarta, Kamis (5/4). (ANTARA Foto/dok)

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur memutuskan untuk tetap melaksanakan debat terbuka tahap kedua bagi calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 di Jakarta.
Kupang (AntaraNews NTT) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur memutuskan untuk tetap melaksanakan debat terbuka tahap kedua bagi calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 di Jakarta.

"Keputusan itu diambil setelah tim pengadaan barang dan jasa menyampaikan hasil kajian mengenai kemungkinan pengalihan debat tahap dua dan tiga di Kupang, sesuai harapan berbagai pihak," kata juru bicara KPU NTT Yosafat Koli kepada Antara di Kupang, Sabtu (14/4).

Menurut dia, aturan pengadaan barang dan jasa tidak bisa membatalkan kontrak kerja sama yang sudah ditandatangani kedua belah pihak antara KPU NTT dengan televisi swasta nasional, iNews TV Jakarta.

"Kontrak dapat dibatalkan oleh KPU jika pihak iNews Jakarta melakukan ingkar janji terhadap isi kontrak yang sudah disepakati kedua belah pihak. Hanya ini saja yang bisa kami lakukan," katanya.

Mengenai kemungkinan penambahan anggaran, dia mengatakan akibat pindah lokasi dari Jakarta ke Kupang, maka anggaran sekali debat yang sebelumnya hanya Rp400 juta bisa membengkak menjadi Rp900 juta atau lebih.

Baca juga: Pilkada 2018 - Debat Cagub idealnya di Kupang
. Debat terbuka calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 di iNews TV Jakarta, kamis (5/4) malam.(ANTARA Foto/Ist) 

"Anggaran itu tentu harus melalui proses seperti tender baru yang membutuhkan waktu cukup panjang, mulai dari usulan penambahan anggaran hingga lelang. Jadi, jalannya masih panjang," ujarnya.

Sementara itu, waktu untuk debat tahap kedua akan dilaksanakan pada awal Mei 2018. "Semua tim penghubung pasangan calon sepakat untuk tetap melaksanakan debat di Jakarta dengan tahapan debat yang perlu dibenahi," katanya.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT sebelumnya juga mengusulkan kepada KPU setempat agar debat bagi calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT tahap berikutnya, sebaiknya dilaksanakan di Kupang saja, karena biaya debat di Jakarta terlalu mahal harganya.

Baca juga: Pilkada 2018 - Bawaslu minta debat cagub di Kupang
. Debat terbuka para kandidat Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 (ANTARA Foto/dok) 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar