Capaian vaksinasi COVID-19 Matim tembus 70 persen

id vaksinasi,covid-19,manggarai timur,NTT

Capaian vaksinasi COVID-19 Matim  tembus 70 persen

Juru Bicara Satgas COVID-19 Manggarai Timur Jefrin Haryanto (ANTARA/Dokumen Pribadi)

...percepatan vaksinasi bisa terus digalakkan agar segera terwujud kekebalan kelompok di Manggarai Timur
Kupang (ANTARA) - Capaian vaksinasi COVID-19 dosis satu di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur telah menembus angka 70,44 persen atau menyasar 138.600 jiwa dari target sasaran 196.756 jiwa.

"Angka 70 persen yang memenuhi target sejak tanggal 23 Desember lalu merupakan kerja keras dan perjuangan tangguh untuk berbagai strategi di lapangan," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Manggarai Timur Jefrin Haryanto ketika dihubungi ANTARA dari Kupang, Senin, (27/12).

Pencapaian target tersebut tidak terlepas dari upaya Pemerintah Manggarai Timur untuk menggerakkan percepatan vaksinasi hingga level terkecil yakni RT. Selain itu, para camat juga diberikan target-target yang harus dipenuhi untuk mendukung percepatan layanan vaksinasi sebagai bagian dari program nasional. Bahkan konsep layanan vaksinasi dari rumah ke rumah menjadi salah satu kunci efektif pencapaian target tersebut.

Jefrin menyampaikan apresiasi tinggi dari Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur atas pencapaian tersebut.

Menurut mereka, baik pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat Manggarai Timur telah bekerja keras, bekerja cepat, dan kolaboratif untuk pencapaian target yang telah ditetapkan pemerintah tersebut.

Dia berharap, percepatan vaksinasi bisa terus digalakkan agar segera terwujud kekebalan kelompok di Manggarai Timur.

Sekretaris Daerah Manggarai Timur Boni Hasudungan menambahkan target 70 persen tersebut dikejar oleh pemerintah daerah selama tiga minggu, yang mana sebelumnya berada pada angka 50 persen.

Mereka melakukan rapat evaluasi lalu mengubah strategi gerakan percepatan vaksinasi.

Baca juga: Pemkab Manggarai Timur minta kades data warga belum divaksin

Saat ini, Pemkab Manggarai Timur masih menunggu penetapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level satu karena terpenuhinya target vaksinasi dosis satu 70 persen, setelah sebelumnya masih berada di level dua.

Baca juga: BRI ajak masyarakat Manggarai tingkatkan literasi keuangan

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Manggarai Timur per 26 Desember 2021, cakupan vaksinasi dosis dua telah mencapai 39,36 persen dan menyasar 54.553 jiwa dari target sasaran dosis dua sebanyak 138.600 jiwa.