Dinkes Lembata: Vaksin COVID-19 dari Kemenkes segera tiba

id Vaksin Lembata, kekosongan vaksin di lembata, NTT,Kota Kupang

Dinkes Lembata: Vaksin COVID-19 dari Kemenkes segera tiba

dok. Personel TNI AU Lanud El Tari Kupang mengawal ketat kedatangan tujuh koli vaksin COVID-19 Sinovac yang tiba di Bandara El Tari Kupang, Kota Kupang, NTT Selasa (5/1/2021). . ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

...Sejak kami kirimkan surat ke DInkes Provinsi dan Kemenkes yang sudah konfirmasi hanya dari Kemenkes saja. Mereka bilang akan tiba Senin depan
Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, menyatakan vaksin COVID-19 jenis Sinovac dan Moderna akan tiba di daerah itu pada Senin (17/1).

"Sejak kami kirimkan surat ke DInkes Provinsi dan Kemenkes yang sudah konfirmasi hanya dari Kemenkes saja. Mereka bilang akan tiba Senin depan," kata Kepala Dinas Kesehatan Lembata Gabriel B Warat saat dihubungi dari Kupang, Kamis, (13/1).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan perkembangan stok vaksin di Kabupaten Lembata yang berdasarkan berita sebelumnya mengalami kekosongan.

Gabriel mengatakan bahwa pemerintah provinsi sendiri dalam hal ini Dinkes NTT hingga saat ini belum memberikan jawaban setelah pihaknya mengirimkan surat pada Senin (10/1).

Ia menambahkan berdasarkan informasi yang ia peroleh, sebanyak 44 ribuan dosis vaksin Sinovac yang dikirim dari Kementerian Kesehatan tersebut akan langsung dikirim ke Lembata.

"Jika sudah tiba maka pelaksanaan vaksinasi lanjutan baik itu dosis kedua yang sempat tertunda bisa segera dilaksanakan," ujar dia.

Selain itu pelaksanaan vaksinasi dosis pertama bagi anak-anak juga bisa segera dilakukan jika vaksin yang dikirim oleh Kemenkes itu tiba dengan cepat.

Gabriel menilai bahwa saat ini banyak masyarakat di Kabupaten Lembata yang menyadari bahwa vaksin COVID-19 itu penting. Sehingga tidak heran banyak yang berbondong-bondong untuk menerima vaksinasi.

Baca juga: Pemkab Lembata kehabisan vaksin COVID-19

Diberitakan sebelumnya stok vaksin jenis Sinovac dan Moderna di Kabupaten Lembata dilaporkan telah habis.

Baca juga: BPBD Lembata imbau nelayan tak melaut di sekitar Gunung Ile Werung

Hal ini membuat jadwal penyuntikan dosis kedua tertunda demikian juga untuk vaksin bagi anak-anak pun terpaksa ditunda menunggu kedatangan vaksin baru.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022