Taksi di Bandara Komodo sebaiknya ditata

id TAKSI

Taksi di Bandara Komodo sebaiknya ditata

Taksi yang parkir dengan sembarangan di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Pulau Flores, NTT.

Otoritas Bandara Komodo diharapkan segera menata taksi yang beroperasi di salah satu bandara internasional di Pulau Flores bagian barat itu.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu meminta otoritas Bandara Komodo untuk menata taksi yang beroperasi di salah satu bandara internasional di Pulau Flores bagian barat itu.

"Kami minta otoritas terkait dan Pemda Manggarai Barat agar menata kembali taksi-taksi di Bandara Komodo yang masih terlihat parkir seenaknya di sekitar bandara," kata Marius Ardu Jelamu di Kupang, Jumat (27/7).

Ia mengatakan penataan dilakukan mengingat Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, sebagai salah satu destinasi wisata unggulan akan dikunjungi peserta IMF-World Bank setelah mengikuti rapat tahunan di Bali pada Oktober 2018.

Marius mengemukakan, masih banyak taksi bahkan mencapai puluhan mobil yang diparkirkan tidak beraturan di depan Bandara Komodo sebagai simbol wisata dunia. "Sebaiknya diarahkan untuk masuk ke dalam bandara dan mengisi area parkir yang telah disediakan," ujarnya.

Menurut dia, Bandara Komodo menjadi pintu masuk utama yang harus menampilkan yang terbaik karena akan memberikan kesan pertama bagi tamu-tamu mancanegara yang jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan orang.

"Penataan taksi ini memang tampak seperti hal sederhana, namun justeru inilah kesan awal bagi tamu-tamu mancanegara yang merupakan wisatawan high class. Kalau taksi-taksi tetap dibiarkan parkir sembarangan maka tentu memberikan pemandangan yang tidak elok," katanya.

Dia menambahkan, tidak hanya di sekitar Bandara Komodo, namun penataan juga perlu dilakukan di sepanjang jalan menuju Kota Labuan Bajo. "Kondisi trotoar juga perlu dibenahi, selain sampah yang menjadi masalah utama di Labuan Bajo," katanya.

Baca juga: Komodo jadi bandara internasional
Baca juga: Pengembangan Bandara Komodo jadi prioritas pemerintah
Bandara internasional Komodo di Labuan Bajo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (ANTARA Foto/dok)