Kelurahan Danga Nagekeo dorong produk lokal bangkitkan ekonomi

id umkm,ekonomi,danga kreatif dan inovatif,nagekeo,mbay,NTT

Kelurahan Danga Nagekeo dorong produk lokal bangkitkan ekonomi

Peluncuran Program Danga Kreatif dan Inovatif di Mbay, Nagekeo, NTT, Jumat (20/5/2022) (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Kami himpun pelaku usaha yang punya inisiatif sendiri untuk membangun usaha dengan uang sendiri. Kami dukung agar mereka tumbuh...
Labuan Bajo (ANTARA) - Kelurahan Danga di Nagekeo, NTT mendorong produk lokal dari UMKM lewat program Danga Kreatif dan Inovatif agar dapat membangkitkan ekonomi daerah.

"Program Danga Kreatif dan Inovatif ini untuk mendukung ekonomi daerah. Jadi kami mendorong para pelaku usaha disini agar dapat memanfaatkan potensi daerah menjadi sebuah produk," kata Lurah Danga Yohanes Lado saat dihubungi dari Labuan Bajo, Sabtu, (21/5/2022).

Para pelaku usaha rumah tangga yang ada dalam wilayah Kelurahan Danga tergabung dalam Kelompok UMKM Nagekeo Bangkit. Ada 51 produk lokal yang diangkat oleh 16 anggota kelompok.

Yohanes menjelaskan para pelaku UMKM yang tergabung dalam kelompok itu sangat bersemangat dalam melakukan inovasi produk dan mengembangkan kualitas kelompok. Mereka pun bisa membangun rumah produksi untuk masing-masing anggota lewat gagasan arisan bersama sesama anggota.

Kehadiran Danga Kreatif dan Inovatif, kata Yohanes, tentunya ingin mendorong agar ekonomi masyarakat di ibu kota Kabupaten Nagekeo yakni Mbay dapat lebih maju satu langkah dari wilayah lainnya di Nagekeo. Oleh karena itu, pihak kelurahan sebagai penggagas program Danga Kreatif dan Inovatif ini akan terus memberikan dukungan bagi pelaku usaha dalam pengembangan produk mereka yang tentunya juga bertujuan untuk kebangkitan ekonomi daerah.

Yohanes mengatakan, Kelurahan Danga menargetkan adanya suatu perubahan yang signifikan baik dari sisi Mbay sebagai kota hijau maupun dari sisi pendapatan masyarakat pada tahun 2031 nanti. Sehingga pihaknya terus berkomitmen mendukung dan memberi penguatan bagi kelompok masyarakat kreatif yang ingin tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Pengamat ekonomi dorong perluasan platform digital bagi pelaku UMKM NTT

"Kami himpun pelaku usaha yang punya inisiatif sendiri untuk membangun usaha dengan uang sendiri. Kami dukung agar mereka tumbuh," ujar Yohanes optimis.

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat latih barista dorong usaha pariwisata

Dukungan bagi Kelompok UMKM Nagekeo Bangkit datang dari berbagai pihak. Program Danga Kreatif dan Inovatif pun mendapatkan banyak apresiasi. Kepala Badan Keuangan Daerah Nagekeo Marselinus Lowa mengatakan akan bergabung dengan para pelaku usaha untuk menyuplai bahan baku lokal seperti pisang maupun ubi-ubian.

"Tetap jaga etos kerja," kata Marselinus berpesan.