Rutan Maumere berkomitmen beri pelayanan publik berbasis HAM

id HAM, rumah tahanan, maumere, sikka, NTT

Rutan Maumere berkomitmen beri pelayanan publik berbasis HAM

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur bersama segenap pemangku kepentingan terkait mengikuti deklarasi Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) di Rutan Maumere, Sikka, NTT, Kamis (30/6/2022) (ANTARA/HO-Rutan Maumere)

HAM memiliki dimensi global dengan implementasi yang sama di seluruh dunia. Oleh karena itu negara hadir untuk melaksanakan pelayanan publik dengan menerapkan nilai HAM...
Labuan Bajo (ANTARA) - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik berbasis hak asasi manusia (HAM) kepada masyarakat lewat deklarasi Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM).

"Dengan pencanangan pelayanan publik berbasis Hak Asasi Manusia, diharapkan semua warga negara dapat memperoleh pelayanan yang sama tanpa membedakan status dan kedudukan karena negara selalu hadir buat masyarakatnya," kata Kepala Rutan Maumere Antonius Semuki ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Kamis, (30/6/2022).

Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan deklarasi Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur.

Antonius Semuki menyatakan komitmen jajaran dalam memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat melalui pelayanan yang baik serta Maklumat Pelayanan yang dipasang dan mudah di akses oleh masyarakat.

Kepala Kanwil Kemenkumham NTT Marciana D Jone mengatakan pelaksanaan P2HAM bukan sekadar seremoni karena jajaran pegawai memiliki tanggung jawab moral dalam mewujudkan tugas dan pelayanan, tahap pembangunan, evaluasi, penilaian hingga pembinaan dan pengawasan.

"Tujuan dari kegiatan ini agar komitmen kita untuk tidak diskriminatif dalam pelayanan, bebas dari pungli, KKN, transparan, akuntabel, profesional, integritas serta pelayanan yang cepat, tepat dan berkualitas," ucap Marciana.

Selanjutnya Dirjen HAM Dr Mualimin Abdi dalam sambutannya mengatakan P2HAM dilaksanakan oleh seluruh entitas pelayanan publik. Kemenkumham melalui Dirjen HAM pun terus melakukan upaya agar tugas pelayanan publik dapat berjalan dengan baik.

“HAM memiliki dimensi global dengan implementasi yang sama di seluruh dunia. Oleh karena itu negara hadir untuk melaksanakan pelayanan publik dengan menerapkan nilai HAM," ujarnya.

Baca juga: Ombusdman harapkan satker di NTT jadi contoh penerapan P2HAM

Dalam kegiatan itu, Rutan Maumere juga menerima penghargaan dari Lurah Kota Baru atas partisipasi dalam kerja bakti masal bersama warga di Kelurahan Kota Baru.

Baca juga: Kata Kemenkumham, pendaftaran merek oleh BPOLBF sudah sesuai prosedur