Kapolres Mabar imbau pemudik waspada tinggalkan rumah

id Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, Kapolres Mabar, Manggarai Barat, imbauan, pemudik

Kapolres Mabar imbau pemudik waspada tinggalkan rumah

Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko (ANTARA/Gecio Viana)

...Bila perlu tambahkan CCTV (Closed-Circuit Television) sehingga bisa memantau keadaan rumah, katanya di Labuan Bajo, Selasa, (9/4/2024)  
Labuan Bajo (ANTARA) - Kapolres Manggarai Barat (Mabar), Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT), AKBP Ari Satmoko mengimbau masyarakat di daerah itu agar selalu waspada saat meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran.
 
"Bila perlu tambahkan CCTV (Closed-Circuit Television) sehingga bisa memantau keadaan rumah," katanya di Labuan Bajo, Selasa, (9/4/2024).
 
Ia juga mengimbau para pemudik untuk mematikan alat elektronik yang tidak digunakan serta mematikan air dan kompor di rumah.
 
"Pastikan memiliki rencana perjalanan yang jelas, termasuk waktu keberangkatan dan kedatangan," jelasnya.
 
Selain itu meminta pemudik dengan pengendara kendaraan bermotor melengkapi surat berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas. Ia juga mengimbau pemudik mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat perjalanan.
 
"Pastikan kendaraan dalam keadaan baik periksa ban, rem, dan lainnya agar tidak ada risiko mogok di jalan," katanya.
 
Lebih lanjut ia juga meminta para pemudik untuk menjaga kesehatan agar selalu dalam kondisi sehat dengan istirahat teratur.
 
Jika kelelahan karena perjalanan panjang, maka pemudik diimbau untuk beristirahat di rest area, pos polisi, pos pengamanan atau kantor polisi terdekat.
 
"Bawa juga perlengkapan penting seperti air, cemilan, kotak P3K, dan obat-obatan yang diperlukan, serta selalu mengikuti perkembangan prakiraan cuaca sehingga membantu dalam perjalanan," katanya.
 
Sebelumnya Polres Mabar mengerahkan sebanyak 231 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Turangga 2024 untuk pengamanan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga: Polres Mabar imbau peserta malam takbiran patuhi aturan

Baca juga: Polres Mabar kerahkan 231 personel gabungan amankan Lebaran
 
Ratusan personel gabungan dari TNI, Basarnas, Dinas Perhubungan Manggarai Barat, Satpol PP Manggarai Barat, dan unsur masyarakat akan melakukan operasi mulai  tanggal 4 hingga 16 April 2024 mendatang.

Baca juga: Polisi catat 86 pelanggaran dalam Operasi Keselamatan Turangga