Plan bantu korban bencana alam di NTT

id Bencana alam di NTT, Kota Kupang,NTT,Plan Indonesia

Plan bantu korban bencana alam di NTT

Bantuan untuk korban bencana alam di kabupaten TTS. ANTARA/Ho-Plan Indonesia

Bantuan yang dibagikan itu disesuaikan dengan hasil kaji cepat kebutuhan mendesak yang dilakukan oleh tim tanggap darurat Plan Indonesia beberapa waktu lalu...
Kupang (ANTARA) - Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), mendistribusikan bantuan kemanusiaan untuk warga terdampak bencana banjir dan longsor di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Deputi Program Area Manager, Marina Meidiyanti Solokana di Kupang, Jumat, (22/7/2022) mengatakan bahwa pihaknya menyalurkan bantuan kepada 55 keluarga terdampak yang tersebar di tujuh desa dampingan.

"Sebanyak 165 paket bantuan yang terdiri atas paket kebersihan, paket perlengkapan dapur, dan paket perlengkapan tenda atau tidur, serta 66 paket manajemen kebersihan menstruasi (MKM)," katanya.

Ia menjelaskan bahwa jenis paket bantuan yang dibagikan itu disesuaikan dengan hasil kaji cepat kebutuhan mendesak yang dilakukan oleh tim tanggap darurat Plan Indonesia beberapa waktu lalu, seusai bencana banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah yang terdampak.

Marina menambahkan, bantuan kemanusiaan yang disalurkan ini semuanya berupa paket non-pangan, sesuai dengan hasil kaji cepat yang sudah dilakukan pasca bencana.

Selain paket non-pangan, Plan Indonesia juga mendistribusikan paket MKM untuk remaja perempuan yang terdampak, dengan harapan anak muda perempuan tidak kesulitan dalam mencari perlengkapan menstruasi di situasi bencana.

"Untuk itu, atas nama Plan Indonesia saya menyampaikan terima kasih untuk pemerintah, TNI/Polri dan semua pihak yang terlibat dalam tanggap darurat ini," pungkas Marina.

Ia pun berharap bantuan itu sedikit membantu keluarga-keluarga terdampak bencana, terutama anak-anak dan kaum perempuan di daerah itu.

Bupati TTS Epi Tahun dihubungi terpisah mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Plan Internasional Indonesia yang sudah membantu pemerintah daerah setempat.

"Saya menyampaikan terima kasih untuk Plan International Indonesia yang sudah membantu masyarakat, berupa paket kebersihan, paket perlengkapan tenda dan tidur, paket peralatan dapur dan paket manajemen kebersihan menstruasi bagi remaja perempuan,” katanya..

Ia juga mengapresiasi Plan Indonesia karena sudah memperhatikan remaja perempuan dengan memberikan paket MKM, serta berharap anak dan kaum muda perempuan bisa belajar terkait kebersihan menstruasi dan kesehatan reproduksi. Dengan begitu, mereka ke depan dapat turut berkontribusi dalam pencegahan stunting di TTS.

Seperti diketahui, Kamis, 29 Juni 2022 sejumlah wilayah di Kabupaten TTS dilanda bencana banjir dan longsor. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) TTS, bencana tersebut merupakan dampak cuaca ekstrem.

Bencana tersebut mengakibatkan kerusakan rumah-rumah warga, bangunan sekolah, serta sejumlah warga terdampak terpaksa mengungsi.

Baca juga: Plan galang dana bangun sarana air bersih di Lembata melalui ajang lari

Baca juga: Simple Plan sapa penggemar Indonesia lewat JOOX Rooms