200 nakes di Manggarai Timur siap menerima vaksin booster kedua

id manggarai timur,NTT,vaksin,booster,dosis lanjutan,tenaga kesehatan,nakes,vaksinasi,covid-19

200 nakes di Manggarai Timur siap menerima vaksin booster kedua

Pemkab Manggarai Timur terus memberikan layanan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat. ANTARA/HO-Dinas Kesehatan Manggarai Timur

Hari Selasa masuk lagi vaksin untuk 25 puskesmas lainnya dan masyarakat umum...
Labuan Bajo (ANTARA) - Sebanyak 200 tenaga kesehatan (nakes) dari 1.568 nakes di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur siap menerima vaksinasi COVID-19 keempat atau booster kedua sebagai garda terdepan penanganan COVID-19.

"Kami mendukung vaksinasi COVID-19 dosis keempat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan tenaga kesehatan jika terjadi gelombang susulan penambahan kasus COVID-19," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Manggarai Timur Pranata K Agas ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Sabtu, (6/8/2022).

Pemberian vaksin dosis lanjutan keempat atau booster kedua untuk nakes ini didasarkan pada surat edaran yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan. Dia menyebut, pemberian layanan vaksinasi dijadwalkan mulai 9 Agustus 2022 untuk nakes yang bertugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur dan rumah sakit.

Dia menjelaskan alasan pemberian dosis lanjutan keempat ini karena tenaga kesehatan dianggap menjadi kelompok rentan yang perlu mendapatkan dosis lanjutan ini. Apalagi pemberian vaksin dosis ketiga sudah dilakukan lebih dari enam bulan yang lalu, sehingga imunitas yang dihasilkan dipastikan sudah menurun.

Kini, layanan vaksinasi itu akan disesuaikan dengan jumlah dosis vaksin yang tersedia di Manggarai Timur. Saat ini terdapat 980 dosis yang akan dibagi untuk RS dan Dinkes sebanyak 200 dosis, dan sisanya akan didistribusikan ke Borong, Peot, Kisol, dan Waelengga.

"Hari Selasa masuk lagi vaksin untuk 25 puskesmas lainnya dan masyarakat umum," kata dia menambahkan.

Dinas Kesehatan Manggarai Timur menyatakan pemberian booster kedua untuk nakes menjadi hal yang penting dan harus didukung bersama sebab vaksinasi merupakan salah satu solusi yang sangat efektif dalam mengatasi penyebaran COVID-19.

Pranata berharap setelah vaksinasi booster kedua bagi nakes nantinya akan disusul dengan pemberian vaksin pada sasaran selanjutnya hingga masyarakat umum.

Mereka pun membutuhkan dukungan semua pihak dalam menekan jumlah kasus pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dia pun meminta masyarakat untuk terus menjaga imunitas tubuh dengan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Beberapa yang harus dilakukan yakni mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga minimal 30 menit sehari, lalu menjaga sanitasi diri dan lingkungan.

Baca juga: Satgas: 14.537 lansia di Kota Kupang sudah divaksinasi COVID-19

Baca juga: Nagekeo inovasi layanan vaksinasi COVID-19 lewat penyaluran BLT
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022