Pemkab Manggarai Barat komitmen tayangkan produk UMKM pada e-katalog LKPP

id labuan bajo,manggarai barat,ntt,e-katalog,katalog lokal,lkpp,barang dan jasa

Pemkab Manggarai Barat komitmen tayangkan produk UMKM pada e-katalog LKPP

Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan (BPBJP) Kabupaten Manggarai Barat memfasilitasi beberapa pelaku UMKM yang mengunggah perdana produk UMKM pada katalog lokal e-katalog LKPP, Manggarai Barat, NTT beberapa waktu lalu. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Sudah ada 26 kontrak yang pemerintah belanja di UMKM lewat katalog lokal...
Maumere (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur terus berkomitmen untuk menayangkan produk UMKM pada e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) baik katalog nasional, sektoral, maupun lokal.

"Sudah ada 26 kontrak yang pemerintah belanja di UMKM lewat katalog lokal," kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan (BPBJP) Kabupaten Manggarai Barat Thomas Aquino Sudirman ketika dihubungi dari Maumere, Jumat, (7/10/2022).

Pemkab Manggarai Barat telah mengembangkan katalog lokal untuk produk UMKM lokal dengan 15 etalase yang disiapkan untuk menayangkan produk UMKM.

Thomas menyebut Pemkab Manggarai Barat telah melakukan pembelanjaan pada katalog lokal seperti produk alat tulis kantor, makan-minum, serta meubel pada tahun anggaran 2022 ini.

Dia mengatakan e-katalog sangat penting saat ini karena pengadaan barang dan jasa pemerintah sebagian besar dilakukan lewat e-katalog. Menurutnya jika produk UMKM tidak ditayangkan lewat katalog yang disiapkan oleh pemerintah maka bisa dipastikan produk UMKM akan sulit dibeli oleh pemerintah.

"Padahal anggaran pengadaan barang dan jasa pemerintah nilainya cukup besar," ucapnya.

Kini sebagian besar UMKM belum menayangkan produk pada etalase e-katalog karena adanya proses verifikasi produk. Dia mengajak UMKM di Manggarai Barat untuk mengurus user id sehingga UMKM dapat menayangkan sendiri produknya sesuai dengan persyaratan pada etalase yang disediakan.

Thomas pun menyatakan komitmen pemerintah untuk menayangkan produk UMKM pada e-katalog baik lewat katalog nasional, sektoral, maupun lokal agar produk-produk UMKM tersebut berpeluang untuk dibeli oleh pemerintah baik lewat APBN maupun APBD.

"Kita dorong agar semua produk lokal di Manggarai Barat bisa masuk ke katalog pemerintah," tegasnya.

Baca juga: Pemkab Nagekeo fasilitasi UMKM masukkan produk ke e-katalog LKPP

Baca juga: Presiden Jokowi: Gejolak ekonomi politik global harus menjadi pemahaman bersama