PLN beri edukasi kelistrikan bagi pelajar kejuruan di Sikka

id pln flores,edukasi kelistrikan,smkn 3 maumere,belajar listrik,pln up3 flores bagian timur,pln ntt,ntt

PLN beri edukasi kelistrikan bagi pelajar kejuruan di Sikka

Sejumlah pelajar dan guru pendamping dari SMKN 3 Maumere berpose bersama pimpinan PLN UP3 Flores Bagian Timur saat berkunjung untuk belajar tentang kelistrikan di aset PLN di Maumere Senin (13/2/2023). ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT

Edukasi bagi pelajar ini untuk menambah wawasan tentang sistem PLN sehingga mereka mendapatkan gambaran yang tentang dunia kerja kelistrikan di lapangan...
Kupang (ANTARA) - PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Flores Bagian Timur memberikan edukasi tentang kelistrikan bagi para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

"Edukasi bagi pelajar ini untuk menambah wawasan tentang sistem PLN sehingga mereka mendapatkan gambaran yang tentang dunia kerja kelistrikan di lapangan," kata Manager PLN UP3 Flores Bagian Timur Agung Wibobo dalam keterangan yang diterima di Kupang, Senin, (13/2/2023).

Ia menjelaskan sekitar 10 orang pelajar bersama guru pendamping telah berkunjung langsung ke Kantor PLN UP3 FBT untuk mengenal langsung lingkungan dan proses kerja PLN dalam menghadirkan listrik untuk masyarakat.

Para pelajar, kata dia, mendapat pemaparan tentang perusahaan PLN, proses kelistrikan, maupun keselamatan kerja yang diterapkan.

"Jadi apa yang dipelajari di sekolah, seminar, diskusi, dan lainnya dapat langsung disandingkan dengan kondisi di lapangan sehingga pengetahuan mereka menjadi lebih utuh," katanya.

Agung berharap melalui edukasi langsung di lapangan, para pelajar mendapatkan pengalaman sekaligus menambah pengetahuan mereka tentang kelistrikan yang di antaranya juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kata dia, juga dapat memotivasi para pelajar agar tertarik untuk kelak berkecimpung dalam dunia kerja di bidang kelistrikan bersama PLN.

Sementara itu, Marselus Paskalis Sodin, guru SMKN 3 Maumere sekaligus pendamping kunjungan pelajar menyampaikan terima kasih kepada pihak PLN yang telah memfasilitasi para pelajar untuk belajar tentang kelistrikan secara langsung di aset PLN.

"Siswa-siswi kami juga mendapatkan pelajaran langsung mengenai kesehatan dan keselamatan kerja, pemasangan grounding yang benar, hingga pemasangan kWh meter. Ini tentu menjadi pengalaman yang berarti bagi para pelajar," katanya.

Paskalis berharap dukungan PLN terhadap dunia pendidikan seperti ini tetap terjalin secara berkelanjutan sehingga semakin banyak pelajar mendapat kesempatan untuk belajar langsung terkait bidang kelistrikan dengan berkunjung langsung di lapangan.

Baca juga: PLN NTT gandeng PMI Sikka gelar donor darah peringati Bulan K3

Baca juga: PLN sebut penjualan listrik paling pesat di wilayah timur Indonesia