BMKG perluas informasi iklim di Bandara Komodo

id labuhan bajo,komodo,cuaca

BMKG perluas informasi iklim di Bandara Komodo

BMKG Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo memperluas informasi terkait Iklim Bandara atau Aeronautical Climatological Summary kepada para pemangku kepentingan Bandara Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (16/3/2023). (ANTARA/HO-BMKG Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo)

...Kami harap apabila terjadi cuaca yang signifikan agar selalu update informasi cuaca bandara maupun peringatan dini cuaca bandara (aerodrome warning) yang dikeluarkan oleh Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo memperluas informasi terkait iklim bandara atau aeronautical climatological summary kepada para pemangku kepentingan Bandara Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Kami beri gambaran umum terkait pola angin, kondisi awan, dan beberapa parameter cuaca lainnya yang terjadi di Bandara Labuan Bajo pada bulan Maret-Mei untuk dijadikan acuan atau antisipasi oleh stakeholder agar tercapainya penerbangan yang aman dan nyaman," kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Sti Nenotek di Labuan Bajo, Jumat.

Edukasi informasi iklim bandara ini telah dilakukan oleh Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo, Kamis. Dalam kegiatan itu, Sti memberikan informasi terkait pola angin yang sering terjadi pada bulan Maret, April, dan Mei berdasarkan data selama lima tahun terakhir. Dia juga menyampaikan informasi prakiraan curah hujan dan sifat hujan di Bandara Komodo Labuan Bajo.

Selain itu beberapa parameter cuaca yang disampaikan adalah kondisi angin secara umum seperti headwind (arah angin dari depan), tailwind (angin dari belakang), crosswind (angin silang), kondisi awan, visibility, jumlah kejadian thunderstorm, dan suhu udara.

"Parameter cuaca ini dapat mengganggu proses take off dan landing pesawat, sehingga perlu diketahui oleh pemangku kepentingan bandara," katanya lagi.

Sti menjelaskan selama jam operasional bandara pada bulan Maret hingga Mei, Bandara Komodo Labuan Bajo akan mendapatkan tailwind dan crosswind kanan sebesar 16 knot atau lebih ketika pesawat tersebut landing. Selanjutnya arah angin dominan terjadi dari Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 4-11 knot. Suhu udara berkisar antara 30-35°C sering terjadi pada pukul 09.00 hingga 17.00 Wita.

Sementara itu untuk prakiraan curah hujan pada bulan Maret, Stasiun Meteorologi Komodo memprediksi masih dalam kategori menengah (201-300 mm) dengan sifat hujan normal.

Sti menyebut pada bulan April masih dalam kategori menengah (101-150 mm) dengan sifat hujan bawah normal dan bulan Mei masuk dalam kategori rendah (51-100 mm) dengan sifat hujan bawah normal.

"Perlu diwaspadai apabila terdapat pola tekanan rendah di selatan NTT akan berdampak dengan peningkatan curah hujan, angin kencang, dan gelombang tinggi," katanya berpesan.

Sti berharap edukasi dan penyebarluasan informasi iklim bandara ini dapat memberikan gambaran umum yang bisa dijadikan acuan penting bagi para pemangku kepentingan. Dengan demikian aktivitas penerbangan dari dan ke Labuan Bajo boleh berlangsung dengan aman dan nyaman.

"Kami harap apabila terjadi cuaca yang signifikan agar selalu update informasi cuaca bandara maupun peringatan dini cuaca bandara (aerodrome warning) yang dikeluarkan oleh Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat," imbaunya.