Ratusan anggota Polres Kupang jadi ortu asuh anak stunting

id NTT,stunting,kabupaten kupang,kapolres kupang

Ratusan anggota Polres Kupang jadi ortu asuh anak stunting

Kapolres Kupang Polda Nusa Tenggara Timur AKBP FX Irwan Arianto (ANTARA/Benny Jahang)

...Kami siapkan 430 orang anggota Kepolisian di Polres Kupang untuk menjadi orang tua asuh bagi anak-anak yang mengalami stunting di berbagai desa di Kabupaten Kupang, kata Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto di Kupang, Jumat, (24/3/2023)
Kupang (ANTARA) - Kapolres Kupang Polda Nusa Tenggara Timur AKBP FX Irwan Arianto mengatakan 430 orang anggota Kepolisian di Polres Kupang telah siap menjadi orang tua asuh bagi anak-anak yang mengalami stunting.

"Kami siapkan 430 orang anggota Kepolisian di Polres Kupang untuk menjadi orang tua asuh bagi anak-anak yang mengalami stunting di berbagai desa di Kabupaten Kupang," kata Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto di Kupang, Jumat, (24/3/2023).

Irwan Arianto mengatakan hal itu terkait dukungan pihak Kepolisian dalam membantu pemerintah dalam mengatasi stunting sehingga angkanya di Kabupaten Kupang semakin berkurang.

Menurut Kapolres 430 orang anggota Kepolisian di Polres Kupang itu sudah siap turun gunung untuk membantu anak balita yang mengalami gagal tumbuh.

Kapolres mengatakan pengerahan 430 orang anggota Kepolisian sebagai orang tua asuh bagi anak-anak yang mengalami kekerdilan itu tertuang dalam Surat Perintah Kapolres Kupang nomor : Sprin/186/III/HUK 6.6/2023 tanggal 20 Maret 2023 sebagai bentuk komitmen dukungannya pada program pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Kupang.

"Kami mengerahkan seluruh personil untuk menjadi orang tua asuh anak stunting di Kabupaten Kupang, sehingga anak-anak yang mengalami kekurangan gizi mendapat bantuan pangan yang lebih memadai.

" Kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Kupang, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BKKBN serta Kepala Puskesmas Tarus dan Baumata, bagaimana mekanisme pelaksanaannya nanti, sehingga bantuan pangan yang didistribusikan anggota dilakukan dengan tepat" kata Kapolres.

Menurut Kapolres para anggota Kepolisian yang menjadi orang tua asuh bagi anak-anak stunting di Kabupaten Kupang merupakan personil gabungan Polres Kupang, Polsek Kupang Timur, Polsek Kupang Tengah dan Polsek Kupang Barat.

Sedangkan personil Polsek yang belum mendapatkan jatah untuk menjadi orang tua asuh akan menyesuaikan dengan data Puskesmas ditempat tugasnya masing-masing.

Sementara itu Kepala Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Kasidokes) Polres Kupang Ipda Elias mengatakan masih ada delapan Puskesmas yang siap menyajikan data anak Stunting guna mendapatkan orang tua asuh dari Polres Kupang.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengapresiasi terhadap upaya jajaran Polres Kupang yang mengerahkan 430 orang anggota Kepolisian untuk menjadi orang tua asuh bagi anak-anak yang mengalami stunting.

"Kami optimistis melalui kerja sama seperti ini maka angka kekerdilan di Kabupaten Kupang akan turun drastis pada 2023 ini. Kami telah minta seluruh Puskesmas untuk memberikan data anak yang mengalami stunting di setiap desa guna memudahkan pendampingan dilakukan anggota Kepolisian yang menjadi orang tua asuh bagi anak-anak stunting di Kabupaten Kupang," kata Jerry Manafe.



Baca juga: Angka stunting di Mabar turun melewati target nasional
Baca juga: Pemkab Kupang bantu makanan tambahan untuk anak stunting