Kabupaten Kupang berupaya tekan kasus kematian ibu melahirkan

id NTT,kematian ibu melahirkan,kematian bayi

Kabupaten Kupang berupaya tekan kasus kematian ibu melahirkan

Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Korinus Masneno (ANTARA/Benny Jahang)

Berdasarkan data yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Kupang pada 2022 terdapat sembilan kasus kematian ibu melahirkan di wilayah Kabupaten Kupang...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi NTT terus berupaya mengendalikan terjadinya kasus kematian ibu melahirkan yang masih saja ditemukan di wilayah kabupaten berbatasan dengan Oecusse Timor Leste itu.

"Pemerintah Kabupaten Kupang terus berupaya agar kasus kematian ibu melahirkan bisa ditekan. Berdasarkan data yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Kupang pada 2022 terdapat sembilan kasus kematian ibu melahirkan di wilayah Kabupaten Kupang," kata Bupati Kupang Korinus Masneno di Kupang, Jumat, (31/3/2023).

Bupati mengatakan hal itu terkait upaya pemerintah Kabupaten Kupang dalam mengatasi kasus kematian ibu melahirkan dan kematian bayi baru melahirkan.

Ia mengatakan berdasarkan data pada Dinas Kesehatan bahwa pada tahun 2022 kasus kematian ibu melahirkan di wilayah Kabupaten Kupang terdapat sembilan kasus.

Sedangkan untuk kematian bayi baru lahir pada tahun 2022 terdapat 67 kasus kematian yang terjadi di wilayah itu.

"Apabila melihat data tersebut menunjukkan bahwa perjuangan untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir masih belum selesai," kata Bupati. 

Dia menambahkan upaya-upaya efektif dan inovatif serta kerja sama untuk menurunkan kasus kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir masih perlu dilakukan dan dioptimalkan.

Ia berharap kerjasama dan kolaborasi dengan semua unsur baik itu tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pihak swasta, TNI, Polri dan seluruh masyarakat di Kabupaten Kupang untuk menyosialisasikan maupun melaksanakan berbagai program dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu dan bayi sehingga tidak terjadi lagi kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir di wilayah Kabupaten Kupang.

Menurut Bupati Korinus Masneno Pemerintah terus berupaya mempersiapkan berbagai infrastruktur kesehatan di rumah sakit maupun puskesmas dan pustu untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi ibu-ibu hamil maupun anak balita.

"Apabila ada ibu-ibu hamil agar rutin melakukan pemeriksaan ke posyandu atau Puskesmas agar pelayanan kesehatannya bisa lebih memadai, termasuk melakukan pemeriksaan kesehatan bayi," katanya.

Baca juga: Bupati Mabar tekankan pemberian gizi pada ibu hamil

Baca juga: Kemenkes targetkan 2024 angka bumil meninggal dunia turun