Bupati Masneno: Penyuluh garda terdepan pembangunan pertanian

id NTT,pertanian,kabupaten kupang,penyuluh

Bupati Masneno: Penyuluh garda terdepan pembangunan pertanian

Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Korinus Masneno (kiri) didampingi Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe (kanan) saat melihat berbagai anek hasil usaha pertanian dampingan para penyuluh pertanian beberapa waktu lalu. (ANTARA/Benny Jahang)

Masyarakat memerlukan bantuan penyuluhan tentang penerapan teknologi serbaguna, panen dan pascapanen, sehingga kami berharapĀ produksi pertanian lebih meningkat...
Kupang (ANTARA) - Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Korinus Masneno mengatakan penyuluh pertanian merupakan garda terdepan dalam pembangunan sektor pertanian di daerah itu.

"Keberhasilan para penyuluh pertanian dalam mendukung pembangunan sektor pertanian lebih ditentukan oleh sumber daya manusia, sehingga diperlukan sumber daya manusia penyuluh yang andal, kreatif, inovatif dan berwawasan global dalam penyelenggaraan penyuluhan yang produktif, efektif dan efisien dalam mendukung pembangunan pertanian," kata Korinus Masneno di Kupang, Kamis, (20/4/2023).

Ia mengatakan hal itu terkait telah terbentuknya Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Kupang periode 2022-2027.

Korinus Masneno berharap para penyuluh pertanian terus melaksanakan program-program kerja dengan penuh profesional dan dedikasi tinggi didukung dengan keterlibatan dewan pakar dari Lembaga Perguruan Tinggi dan Lembaga Pelatihan Pertanian seperti Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) dan Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) dalam memberikan masukan, inovasi serta keilmuan untuk pengembangan dan penerapan teknologi pertanian guna memajukan daerah Kabupaten Kupang.

Menurut Korinus Masneno, sekitar 90 persen masyarakat Kabupaten Kupang sebagai petani sehingga menggantungkan hidupnya pada peran penyuluh dalam kegiatan usaha pertanian.

"Memang masyarakat memerlukan bantuan penyuluhan tentang penerapan teknologi serbaguna, panen dan pascapanen, sehingga kami berharap produksi pertanian lebih meningkat. Jangan hanya penyuluh saja yang gemuk, tetapi petani juga terus bertambah makmur," kata Bupati Korinus Masneno.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Kupang sangat membutuhkan peran para penyuluh guna menyukseskan program pembangunan pertanian karena pemerintah telah menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu sektor prioritas dalam pembangunan daerah ini hingga tahun 2024.

Sementara itu Ketua Panitia DPD Perhiptani Kabupaten Kupang, Akostan Birelawa Perhiptani sebagai kesatuan korps penyuluh pertanian dalam wadah untuk membina jiwa korsa dan kode etik profesi dalam mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu, teknologi dan manajemen penyuluhan pertanian serta menyalurkan aspirasi.


Baca juga: NTT optimalkan peran penyuluh untuk tingkatkan produksi pertanian

Baca juga: NTT kirim 1.650 ekor sapi ke DKI, Riau dan Kalsel