Siswa PAUD di Kota Kupang belajar tentang tugas polisi

id NTT,Polisi,Polda NTT ,Polisi sahabat anak

Siswa PAUD di Kota Kupang belajar tentang tugas polisi

Sejumlah anak PAUD menaiki kendaraan patroli milik anggota Sabhara Polda NTT di sela kunjungan edukasi ke Markas Polda NTT, di Kupang, Selasa (6/6/2023). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

...Jadi anak-anak ini diajarkan pengenalan tugas-tugas kepolisian, tidak hanya yang bertugas di lapangan, tetapi juga di bagian administrasi
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 40 siswa-siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sonaf Soet Hinef, Kelurahan Naino, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), belajar tentang tugas polisi saat berkunjung ke Mapolda NTT pada pencanangan Polri Sahabat Anak.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy di Kupang, Selasa, (6/6/2023) mengatakan kedatangan puluhan anak PAUD itu sebagai wujud adanya hubungan kerja sama yang baik antara Polda NTT dan pihak sekolah pendidikan anak usia dini dengan tujuan pengenalan dan pembelajaran terhadap keberadaan sosok polisi.

“Jadi anak-anak ini diajarkan pengenalan tugas-tugas kepolisian, tidak hanya yang bertugas di lapangan, tetapi juga di bagian administrasi,” katanya.

Ia menyampaikan bawa anak-anak PAUD tersebut diajak masuk melihat ruang pelayanan surat keterangan catatan kepolisian(SKCK) Polda NTT untuk mengetahui tugas-tugas anggota Polri.

Selain itu, kata dia, anak-anak PAUD tersebut selain diajak melihat berbagai jenis kendaraan taktis milik personel Brimob Polda NTT, serta juga diperkenalkan tentang rambu-rambu lalu lintas dengan tujuan agar mereka sadar akan aturan berlalu lintas.

"Anak-anak tersebut juga diajak berkeliling menggunakan kuda patroli milik personel Polda NTT serta berkeliling menggunakan kendaraan patroli polisi, baik motor maupun mobil patroli," ujar mantan Kapolres Timor Tengah Selatan itu.

Menurut dia, alasan penerimaan kunjungan anak-anak tersebut untuk menciptakan figur polisi yang humanis kepada anak-anak usia dini dan memberikan pengenalan terhadap anak tentang cara kinerja kepolisian.

Dia berharap kegiatan ini juga merupakan wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat, khususnya anak-anak dalam memberikan pembinaan dan penyuluhan, sehingga dapat membiasakan anak sejak usia dini untuk disiplin, taat dan tertib berlalu lintas.

Penerimaan kunjungan anak PAUD tersebut, kata dia, sebagai bagian dari upaya Polda NTT menghilangkan stigma Polisi itu menakutkan dibenak anak-anak.

"Mudah-mudahan bermanfaat bagi anak-anak PAUD, terutama dalam hal disiplin agar menjadi generasi penerus yang bisa berguna untuk bangsa,” ujar dia.

Sementara itu, Koordinator PAUD Sonaf Soet Hinef Niken Setiasi mengucapkan terima kasih kepada pihak Polda NTT sudah berkenan menerima kunjungan siswa-siswi PADU tersebut.

"Saya mewakili Pengelola KB Sonaf Soet Hinef bersama guru dan orang tua murid mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kabid humas Polda NTT berserta seluruh anggotanya yang telah melayani kami dalam kegiatan kunjungan wisata belajar dengan topik Polisi Sahabat Anak. Semoga kerja sama ini terus berlanjut pada kegiatan berikutnya,”ujarnya.


Baca juga: Kapolda NTT kukuhkan 432 Polisi RW untuk Kota Kupang

Baca juga: Artikel - Ketika polisi kembali berlakukan tilang manual