Polres Manggarai Barat bakti kesehatan dengan donor darah

id donor darah,polisi,polres,manggarai barat,ntt,flores

Polres Manggarai Barat bakti kesehatan dengan donor darah

Personel Polres Manggarai Barat donor darah menjelang HUT Ke-72 Humas Polri Tahun 2023 di Labuan Bajo, NTT, Senin (2/10/2023). (ANTARA/HO-Polres Manggarai Barat)

Donor darah menjadi aksi produktif yang bermanfaat bagi masyarakat...
Kupang (ANTARA) - Anggota Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan bakti kesehatan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Humas Polri pada tahun ini dengan kegiatan donor darah bagi masyarakat Labuan Bajo.

"Donor darah menjadi aksi produktif yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Kepala Seksi Humas Polres Manggarai Barat Iptu Eka Dharma Yuda dalam keterangan dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, Senin, (2/10/2023).

Dia menjelaskan kegiatan donor darah merupakan bentuk empati terhadap masyarakat karena stok darah masih kurang dan masyarakat yang kesulitan mendapatkan pendonor.

Dia menjelaskan para personel yang ikut donor darah terlebih dahulu menjalani serangkaian tes kesehatan. Setelah dinyatakan sehat, maka mereka bisa ikut donor darah.

Selain membangun kepedulian sosial untuk berbagi dan membantu sesama, kata dia, donor darah juga memiliki banyak manfaat bagi pendonor darah, di antaranya menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu mendeteksi dini penyakit tertentu.

Dalam kegiatan yang dilakukan bekerja sama dengan PMI Manggarai Barat itu, Eka mengatakan, 20 personel perwakilan dari setiap satuan fungsi terlibat dalam donor darah.

Namun, kata dia, mereka yang lolos mengikuti donor darah empat personel.

Baca juga: Polres Kupang sumbang 32 kantong darah pada hut humas Polri

Sebanyak empat kantung darah yang dikumpulkan terdiri atas golongan darah B satu kantong, AB satu kantong, dan O dua kantong.

Baca juga: Polres Mabar ringkus pelaku pencurian lintas kabupaten

"Diharapkan dengan kegiatan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan," katanya.