Komoditi perikanan akan diekspor melalui Bandara El Tari Kupangt

id ekspor ikan

Komoditi perikanan akan diekspor melalui Bandara El Tari Kupangt

Ekspor perikanan dari Nusa Tenggara Timur akan dilakukan melalui Bandaran El Tari Kupang. (ANTARA FOTO/Ist)

"Kita lagi siapkan ikan kualitas ekspor, GM Angkasa Pura El Tari Kupang sudah menyatakan siap membantu untuk kegiatan ekspor," kata Gubernur Viktor Laiskodat.
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan berbagai komoditas perikanan untuk diekspor langsung ke negara tujuan via Bandara El Tari di Kupang.

"Kita lagi siapkan ikan kualitas ekspor, GM Angkasa Pura El Tari Kupang sudah menyatakan siap membantu untuk kegiatan ekspor," katanya di Kupang, Senin.

Pihak Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang siap membantu pengepakan (packaging) produk perikanan yang akan diekspor.

Gubernur Viktor tidak menyebut negara tujuan ekspor perikanan tersebut, namun, lanjutnya, ekspor langsung ini ditargetkan akan mulai dilakukan dalam tahun 2019.

"Jadi nanti kita punya ikan tuna dan lain-lain yang dipanen akan di-packaging baik-baik oleh Angkasa Pura sesuai standar ekspor ke negara tujuan," katanya.

Gubernur Viktor mengatakan akan terus mendorong berbagai produk komoditi dengan kualitas terbaik dari provinsi berbasiskan kepulauan itu untuk bisa bersaing untuk pasar ekspor.

Baca juga: Ekspor tuna loin ke Jepang meningkat

"Kami akan dorong terus karena banyak produk kebanggaan luar biasa yang kita miliki di sini," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Viktor telah melakukan pelepasan ekspor langsung komoditi rumput laut untuk pertama kalinya dari Pelabuhan Tenau Kupang ke Argentina pada 28 Mei 2019, sebanyak 25 ton dalam bentuk chip melalaui PT Rote Karaginan Nusantara.

Gubernur dalam kesempatan itu mengatakan bahwa pemerintahannya menargetkan dalam 2019 ini akan dilakukan ekspor langsung tanaman kelor dalam bentuk tepung ke Jepang.

Baca juga: NTT ekspor 8,6 ton Tuna ke Jepang
Baca juga: Kepala KIPM dukung ekspor langsung dari NTT