Kata pakar komunikasi, pertemuan elite politik dinginkan suasana

id Jokowi Prabowo

Kata pakar komunikasi, pertemuan elite politik dinginkan suasana

Pakar komunikasi dari Undana Kupang Prof Dr Alo Liliweri. (ANTARA FOTO/dok pribadi)

"Pertemuan para elite politik harus dimaknai dalam konteks mendinginkan suasana pascapemilu presiden (pilpres)," kata pakar komonikasi Prof Dr Alo Liliweri.
Kupang (ANTARA) - Pakar komunikasi dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang Prof Dr Alo Liliweri mengatakan, pertemuan para elite politik harus dimaknai dalam konteks mendinginkan suasana pascapemilu presiden (pilpres).

"Komunikasi politik adalah persepsi terhadap perilaku elit politik dari partai-partai, dan hari ini publik melihat ada rangkaian pertemuan Jokowi dengan Prabowo di MRT. Kemudian diikuti oleh kunjungan Prabowo ke Megawati. Pertemuan-pertemuan ini harus dilihat untuk mendinginkan suasana pascapilpres," kata Alo Liliweri kepada ANTARA di Kupang, Rabu (31/7).

Menurut Alo Liliweri, proses pemilu yang cukup panjang telah membuat rakyat bangsa ini terbelah, karena adanya perbedaan dukungan dan pilihan politik masing-masing.

Bahkan setelah pemilu pun, masih terus ada ketegangan-ketegangan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pemenang dalam Pilpres 2019.

Kondisi ini mendapat keprihatinan dari berbagai kalangan, dimana begitu banyak keinginan dan harapan agar Jokowi dan Prabowo segera bertemu untuk memulihkan keadaan.

"Karena itu, jika hari ini ada pertemuan Jokowi dan Prabowo di MRT, dan Prabowo dengan Megawati di Teuku Umar, maka harus dilihat dalam konteks mendinginkan suasana pascaproses politik lima tahunan ini," kata Alo Liliweri.

Bahwa ada kepentingan-kepentingan politik dibalik pertemuan-pertemuan itu, harus dapat dipahami dalam nuansa kebersamaan untuk membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik, dan disegani negara-negara di dunia. 
Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berpelukan usai memberi keterangan pers di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). (ANTARA FOTO/Istimewa)