Rusak serius, ASDP ambil alih layani lintasan KMP Ile Boleng

id NTT,Dinas Perhubungan NTT,ASDP Cabang Kupang,KMP Ile Boleng,Ferry

Rusak serius, ASDP ambil alih layani lintasan KMP Ile Boleng

KMP Ile Boleng yang sedang docking oleh PT Ben Santosa di Kamal, Madura, Jawa Timur, karena mengalami kerusakan serius pada mesin utama. (Istimewa)

Karena KMP Ile Boleng mengalami kerusakan serius maka lintasannya dilayani ferry dari ASDP Kupang
Kupang (ANTARA) - PT ASDP (Persero) Indonesia Ferry Cabang Kupang melayani lintasan penyeberangan antardaerah di Nusa Tenggara Timur yang sebelumnya dilayani KMP Ile Boleng namun tidak lagi beroperasi akibat kerusakan serius.

"Karena KMP Ile Boleng mengalami kerusakan serius dan sedang docking maka lintasannya dilayani ferry dari ASDP Kupang," kata Kepala Dinas Perhubungan NTT Isyak Nuka ketika dihubungi di Kupang, Kamis  (11/2).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan nasib layanan penyeberangan antardaerah di NTT pada lintasan KMP Ile Boleng yang tidak lagi beroperasi karena mengalami kerusakan serius.

Lintasan penyeberangan yang dilayani adalah Bolok-Naikliu Kupaten Kupang-Teluk Gurita Kabupaten Belu PP.

Isyak mengatakan untuk mengatasi kekosongan layanan pada lintasan tersebut maka pihak ASDP Kupang yang mengambil alih dengan mengoperasikan kapalnya sehingga masyarakat tetap terlayani.

"Lintasan KMP Ile Boleng ini juga disubsidi Kementerian Perhubungan melalui APBN," katanya.

Sebelumnya, Isyak menjelaskan KMP Ile Boleng dikelola PT Flobamor mengalami kerusakan serius pada mesin utama dan saat ini sedang docking oleh PT Ben Santosa di Kamal, Madura, Jawa Timur.

Kapal ferry yang beroperasi sejak 2010 itu terakhir melayani rute Bolok-Naikliu-Teluk Gurita PP setelah sebelumnya beroperasi pada lintasan Bolok-Lewoleba Kabupaten Lembata-Deri Kabupaten Flores Timur.

Isyak mengatakan kondisi kapal diaudit pihak Marine Inspector dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI dan dinyatakan mengalami kerusakan pada dua mesin utama.

Baca juga: Armada baru ASDP Kupang beroperasi pekan depan

Pemerintah provinsi juga telah melaporkan kondisi kapal kepada Dirjen Perhubungan Darat disertai permohonan anggaran untuk perbaikan, kata Isyak.

Baca juga: ASDP batalkan semua pelayaran akibat cuaca buruk di NTT