TNI gelar pengobatan gratis bagi warga perbatasan

id NTT,Malaka,Timor Tengah Utara,Satgas Yonarmed,PLBN Motamasin,Pengobatan gratis,HUT Satgas Yonarmed

TNI gelar pengobatan gratis bagi warga perbatasan

Seorang warga saat sedang diperiksa dalam kegiatan pengobatan gratis yang digelar Satgas Yonarmed 3/105 Tarik yang dipusatkan di Aula PLBN Motamasin, Kabupaten Malaka, NTT, Kamis (11/2/2021). (ANTARA/HO-Satgas Yonarmed 3/105 Tarik)

Kupang (ANTARA) - Satuan Tugas Yonarmed 3/105 Tarik menggelar pengobatan gratis untuk membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat Desa Alas Selatan, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, yang merupakan kawasan perbatasan RI dengan Timor Leste.

"Kegiatan pengobatan gratis dipusatkan di Aula PLBN Motamasin Kabupaten Malaka dan diikuti 115 orang warga perbatasan," kata Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat  (12/2).

Dalam menggelar pengobatan gratis tersebut, Satgas Yonarmed bekerja sama dengan sejumlah instansi yaitu PLBN Motamasin, RSUPP Betun, Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka dan Puskesmas Alas.

Pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan hari ulang tahun ke-69 Satgas Yonarmed 3/105 Tarik pada Kamis (11/2).

Irwan Halim mengatakan di masa pandemi COVID-19 ini banyak warga membutuhkan berbagai bantuan, salah satunya layanan kesehatan agar mereka terhindar dari penyakit.

"Untuk itu aksi kemanusiaan ini digelar sekaligus bertepatan dengan momen istimewa hari ulang tahun Satgas Yoanrmed," katanya.

Ia mengatakan pengobatan gratis hanya ditujukan kepada warga yang betul-betul membutuhkan layanan kesehatan karena di massa pandemi ini, dilarang adanya kerumunan massa untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Karena itu saya sampaikan permohonan maaf aksi kemanusiaan ini tidak untuk semua kalangan masyarakat karena kondisi yang belum memungkinkan," katanya.

Selain pengobatan gratis, aksi kemanusiaan lain yang dilakukan berupa pemberian santunan kepada 26 orang anak yatim dari Yayasan Majelis Ulama Indonesia (MUI dan bakti sosial di Kabupaten Malaka.

Selain itu digelar pula khitan gratis kepada warga perbatasan di Desa Noeltoko dan Desa Eban, Kabupaten Timor Tengah Utara yang dilakukan dari rumah ke rumah warga akibat pandemi COVID-19.
Dua personel TNI dari Satgas Yonarmed 3/105 Tarik saat memberikan layanan khitan gratis bagi seorang anak di Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, Kamis (11/2/2021) (ANTARA/HO-Satgas Yonarmed 3/105 Tarik)


Irwan Halim menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersinergi sehingga aksi kemanusiaan itu berjalan aman dan lancar. Ia berharap dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah beranda NKRI itu.
Baca juga: TNI bantu buku tingkatkan minat baca pelajar di perbatasan RI-Timor Leste

Baca juga: Artikel - Kala TNI menyiapkan SDM unggul di tepian negeri

 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar