Pilkada 2018 - KPU tetapkan Umbu-Tagela sebagai peserta pilkada

id KPU

Pilkada 2018 - KPU tetapkan Umbu-Tagela sebagai peserta pilkada

Ketua KPU Sumba Tengah Renggi Jerimani

"KPU sudah selesai menggelar rapat pleno dan menetapkan pasangan Umbu M Marisi-Tagela Ibisola sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Sumba Tengah," kata Renggi Jerimani.
Kupang (AntaraNews NTT) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur akhirnya menetapkan pasangan Umbu M Marisi-Tagela Ibisola sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Sumba Tengah untuk ikut ambil bagian dalam Pilkada 2018 di daerah tersebut..

"KPU sudah selesai menggelar rapat pleno dan menetapkan pasangan Umbu M Marisi-Tagela Ibisola sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Sumba Tengah," kata KPU Kabupaten Sumba Tengah Renggi Jerimani kepada Antara melalui pesan WhatsAAp, Selasa.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan tindaklanjut KPU terhadap surat Panwaslu Sumba Tengah yang memerintahkan KPU untuk menetapkan Umbu M Marisi-Tagela Ibisola sebagai paket calon dalam pilkada serentak 2018 di daerah itu.

KPU Sumba Tengah dalam pleno penetapan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Sumba Tengah pada Senin, (12/2) lalu, menggugurkan pasangan Umbu M Marisi-Tagela Ibisola yang diusung Partai Nasdem dan PKS.

Pasangan ini digugurkan karena bakal calon Wakil Bupati atas nama Tagela Ibisola tidak memasukan surat keterangan tidak memiliki utang dari Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Surabaya.

Tagela Ibisola kemudian melaporkan KPU ke Panwaslu dan pada 2 Maret 2018, Panwaslu menggelar sidang dan menganulir keputusan KPU.

Ketua KPU Renggi Jerimani menambahkan, rapat pleno tersebut sekaligus menetapkan nomor urut 5 untuk pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Sumba Tengah atas nama Umbu M Marisi-Tagela Ibisola.

Dengan demikian, maka dalam pilkada serentak 2018 di daerah itu akan diikuti lima pasangan calon yakni pasangan calon pasangan calon Umbu Besi-Windi. Pasangan yang lolos dan bertarung melalui jalur perseorangan ini mendapat nomor urut 1.

Nomor urut 2 adalah pasangan calon Paulus SK Linu-Daniel Landa. Pasangan ini didukung PKPI dan Hanura.

Pasangan calon Umbu Dondu-Semuel Saki Pekulimu bernomor urut 3. Pasangan ini didukung partai Gerindera dan Partai Golkar.

Dan pasangan Umbu S. Samapaty-Marthinus Umbu Djoka bernomor urut 4. Pasangan ini diusung koalisi PDI Perjuangan dan Partai Bulan Bintang (PBB).