Kota Kupang manfaatkan hutan mangrove jadi lokasi obyek wisata

id NTT ,wisata kota kupang,kota kupang

Kota Kupang manfaatkan hutan mangrove jadi lokasi obyek wisata

Wali Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jefri Riwu Kore (ANTARA/ Benny Jahang)

...Kawasan hutan mangrove dan muara di Oesapa Barat ini akan menjadi ikon pariwisata baru di Kota Kupang dengan dimulainya penataan kawasan pemukiman kumuh di daerah itu
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur memanfaatkan kawasan hutan mangrove di Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima sebagai kawasan wisata kota.

"Kawasan hutan mangrove dan muara di Oesapa Barat ini akan menjadi ikon pariwisata baru di Kota Kupang dengan dimulainya penataan kawasan pemukiman kumuh di daerah itu," kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore di Kupang, Minggu, (19/9).

Menurut dia Pemerintah Kota Kupang telah melakukan peletakan batu pertama dan sosialisasi kegiatan peningkatan kualitas permukiman kumuh dan penataan kawasan wisata Oesapa Kota Kupang kawasan Oesapa.

Proyek bantuan dari Kementerian PUPR melalui program Kotaku ini diyakininya bakal mengubah wajah kawasan tersebut menjadi sebuah destinasi wisata modern seperti yang ada di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Wali Kota mengakui pembangunan untuk penataan kawasan pemukiman penduduk di sekitar kawasan hutan mangrove merupakan hasil dari perjuangan yang dilakukan Pemerintah Kota Kupang sejak beberapa tahun lalu.

Dia optimis melalui penataan yang lebih profesional maka geliat usaha pariwisata pasca pandemi COVID-19 di daerah ini mulai mengeliat.

Jefri menegaskan penataan kawasan wisata mangrove di Oesapa Barat tidak hanya melahirkan ikon pariwisata baru tetapi juga menciptakan peluang lapangan kerja baru bagi warga di sekitar lokasi, terutama bagi warga yang telah menghibahkan tanahnya.

Penataan yang akan dilakukan seperti pembangunan infrastruktur jalan, lampu jalan, drainase dan trotoar serta rumah warga sehingga menjadi kawasan yang lebih menarik.

Sementara itu Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT, Herman Tobo mengatakan pemilihan kawasan Oesapa sebagai kawasan prioritas berkaitan erat dengan konsep penataan ruang Kota Kupang sebagai Water Front City dan pembangunan infrastruktur 4 permukiman untuk menunjang Kawasan Oesapa sebagai Kawasan Strategis Ekonomi dan Pariwisata.

Baca juga: Dua Puskesmas di Kota Kupang terima bantuan mesin konsentrator oksigen

Adapun luasan kawasan di Oesapa Barat yang dilakukan penataaan mencapai 16,17 hektare.

Baca juga: Dinkes Kota Kupang tepis isu penumpukan vaksin COVID-19
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021