Danrem: TNI tetap jaga kedaulatan Indonesia di perbatasan

id HUT TNI, NTT, Kota Kupang

Danrem: TNI tetap jaga kedaulatan Indonesia di perbatasan

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Legowo Jatmiko. ANTARA/Kornelis Kaha

...di wilayah perbatasan ini kita akan tetap berada di garda terdepan untuk menjaga kedaulatan kita
Kupang (ANTARA) - Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Legowo Jatmiko mengatakan TNI di Nusa Tenggara Timur (NTT) tetap bekerja keras untuk menjaga dan mengamankan wilayah kedaulatan Indonesia khususnya di NTT yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia.

"Kita ketahui bersama bahwa tugas pokok TNI itu adalah menjaga kedaulatan, mempertahankan wilayah berdasarkan Pancasila dan UU. Karena itu sebagai aparat keamanan di wilayah perbatasan ini kita akan tetap berada di garda terdepan untuk menjaga kedaulatan kita," katanya di Kupang, Selasa, (5/10).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan upaya dari TNI menjaga keamanan dan kedaulatan di Indonesia khususnya di wilayah NTT yang berbatasan darat dengan Timor Leste dan berbatasan laut dengan Australia.

Komandan berbintang satu itu menambahkan bahwa dalam menjaga kedaulatan bangsa di NTT ini TNI sudah membentuk empat satgas yakni satgas darat, satgas laut dan satgas udara serta satgas teritorial.

"Semuanya itu untuk menjaga kedaulatan dan mempertahankan seluruh wilayah Indonesia khususnya di NTT ini serta menjaga ketentraman semua masyarakat di NTT ini," ujar dia.

Orang nomor satu di wilayah kerja Korem 161/Wirasakti itu juga menambahkan aparat yang bertugas menjaga di wilayah perbatasan adalah prajurit terpilih, karena wilayah perbatasan adalah serambi depan bangsa Indonesia.

Di NTT sendiri ada beberapa pintu batas negara yang dijaga ketat oleh aparat TNI yakni di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain Kabupaten Belu, PLN Wini Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), serta PLBN Motamasin Malaka.

Sementara untuk pulau-pulau terluar, dijaga juga oleh prajurit-prajurit TNI yakni di pulau Ndana Rote yang berbatasan dengan Australia dan juga pulau terluar Batek yang berbatasan dengan Timor Leste.

Baca juga: Kapolda NTT : Sinergitas dan solidaritas TNI-Polri berjalan baik

Baca juga: Presiden sapa prajurit yang tengah bertugas