Sekjen Kemenkumham imbau jajarannya jaga kesehatan selama pandemi

id Kemenkumham,Seminar Nasional Kemenkumham,COVID-19

Sekjen Kemenkumham imbau jajarannya jaga kesehatan selama pandemi

Hasil tangkapan layar Sekjen Kemenkumham Andap Budhi Revianto dalam seminar nasional bertajuk “Peran Kementerian Hukum dan HAM dalam Mengakselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional” yang disiarkan langsung di kanal YouTube DJHAM, Jakarta, Selasa (12/10/2021) (ANTARA/Tri Meilani Ameliya)

Rekan-rekan jajaran Kemenkumham masih dibutuhkan keluarga, masih dibutuhkan kementerian ini, masih dibutuhkan oleh bangsa dan negara. Kita harus sehat,

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Andap Budhi Revianto mengatakan peran Kemenkumham dalam mendorong Indonesia sehat dan membangkitkan ekonomi nasional harus dimulai dari para pegawai yang menjaga kesehatannya terlebih dahulu.

“Rekan-rekan jajaran Kemenkumham masih dibutuhkan keluarga, masih dibutuhkan kementerian ini, masih dibutuhkan oleh bangsa dan negara. Kita harus sehat,” kata Andap Budhi Revianto dalam seminar nasional bertajuk “Peran Kementerian Hukum dan HAM dalam Mengakselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional” yang disiarkan langsung di kanal YouTube DJHAM, Jakarta, Selasa (12/10).

Andap Budhi Revianto pun menjelaskan hubungan di antara pentingnya menjaga kesehatan dan peran menangani pandemi.

 Baca juga: Ma'ruf minta Kemenkumham mereformasi legislasi dan regulasi
Baca juga: Ma'ruf Amin minta Kemenkumham adopsi konsep rukhsah di penyusunan regulasi


Menurut dia, bila jajaran Kemenkumham tidak sehat, mereka tidak dapat bekerja secara optimal atau produktif di dalam mendorong Indonesia sehat dan memulihkan serta membangkitkan ekonomi nasional.

Selanjutnya, dia juga mengatakan pentingnya menyikapi tantangan di masa pandemi.

Sikap untuk menghadapi tantangan tersebut termuat dalam langkah implementasi yang telah ditetapkan oleh Kemenkumham. Di antaranya adalah 3 T, yaitu upaya memutus rantai penularan COVID-19 dalam tiga langkah, mulai dari tes (pemeriksaan), telusur (penelusuran kontak penularan virus), hingga tindak lanjut (perawatan terhadap pasien terinfeksi virus).
 

Setelahnya, dilakukan vaksinasi, pengaturan pola kerja, seperti work from home (WFH) atau work from office (WFO), pemanfaatan berbagai aplikasi, akselerasi serapan anggaran serta refocusing anggaran untuk mencegah dan menangani wabah COVID-19, telemedicine atau layanan konsultasi secara daring, bahkan termasuk pula senam virtual secara internal.

Andap Budhi Revianto juga mengharapkan peran Kemenkumham ke depannya dapat semakin pasti, profesional, akuntabel, sinergis, transparan, dan inovatif untuk mendorong Indonesia yang sehat. Sementara dalam memulihkan dan membangkitkan ekonomi nasional, Kemenkumham diharapkan dapat memunculkan berbagai regulasi dan kegiatan yang berdampak langsung terhadap dua hal itu.
 

Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021