Tingkatkan semangat gotong royong bangun Lembata

id Thomas Ola

Tingkatkan semangat gotong royong bangun Lembata

Wakil Bupati Lembata Thoma Ola Langoday

Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday meminta masyarakat Lembata untuk terus meningkatkan semangat gotong royong dalam membangun daerah tersebut.
Kupang (AntaraNews NTT) - Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday meminta masyarakat di Pulau Lepanbata, Nusa Tenggara Timur untuk terus meningkatkan semangat gotong royong dalam membangun Lembata dengan menghilangkan semangat individual seperti yang terjadi selama ini.

"Semangat individual harus dihilangkan. Masyarakat Lembata tidak boleh mengandalkan uang dalam setiap urusannya, namun melalui kebersamaan dan semangat gotong royong maka semua persoalan pembangunan di desa dan kecamatan dapat teratasi," katanya ketika dihubungi Antara dari Kupang, Rabu (23/5), terkait pencanangan bulan bakti gotong royong di daerah itu.

Mantan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang itu mengapresiasi terhadap semangat solidaritas antarumat beragama yang terus tumbuh dan berkembang di daerah itu.

"Semangat solidaritas yang begitu kuat antarumat beragama di Lembata sangat terasa, ketika ada pembangunan rumah ibadah seperti masjid maka yang menjadi panitia adalah umat Katolik. Demikian pula sebaliknya," kata Langoday.

Baca juga: Lembata dapat lima BTS

Menurutnya, semangat toleransi antarumat beragama di daerah itu sangat tinggi karena adanya hubungan persaudaraan yang sulit terpisahkan di antara warga setempat.

"Dalam satu keluarga, ada yang Islam dan ada pula yang Katolik. Mereka hidup saling berdampingan dan menghargai satu sama lain dan saling menghormati," katanya.

Wakil Bupati Lembata itu berharap generasi muda mampu menjaga semangat solidaritas dan semangat gotong royong yang telah terpatri dalam diri warga Lembata dengan tetap melestarikan kerukunan hidup beragama yang harmonis dan penuh semangat gotong royong itu.

"Generasi muda Lembata harus mampu menjaga budaya ini sebagai suatu pemandangan hidup bersama yang sangat indah," katanya menegaskan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lembata Karolus Kia Burin secara terpisah mengatakan, pencanangan bulan bakti Gotong Royong itu dipadukan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 serta Hari Keluarga ke-5. Semua kegiatan tersebut dipusatkan di Desa Raho, Kecamatan Omesuri.

Baca juga: Promosikan tiga gunung untuk wisata dunia