PLN-BKKPN Kupang tanam 300 bibit terumbu karang peringati Coral Triangel Day

id Penanaman terumbu karang, terumbu karang NTT, peringatan coral triangle day 2022, PLN peduli lingkungan, PLN, BKKPN Kupa

PLN-BKKPN Kupang tanam 300 bibit terumbu karang peringati Coral Triangel Day

Perwakilan PT PLN (Persero) dan Balai Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Kementerian Kelautan dan Perikanan menanam sebanyak 300 bibit terumbu karang di Desa Oesina, Kabupaten Kupang, NTT, dalam rangka memperingati Hari Coral Triangle Day 2022, Kamis (9/6/2022). (ANTARA/HO-Humas PLN Unit Induk Wilayah NTT)

Penanaman terumbu karang ini sebagai dukungan PLN menjaga ekosistem laut di sekitar Pantai Oesina Desa Lofileo, Kabupaten Kupang...
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) menggandeng Balai Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Kementerian Kelautan dan Perikanan menanam 300 bibit terumbu karang di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dalam rangka memperingati Hari Coral Triangle Day 2022.

"Penanaman terumbu karang ini sebagai dukungan PLN menjaga ekosistem laut di sekitar Pantai Oesina Desa Lofileo, Kabupaten Kupang," kata Manager Unit Pelaksana Proyek 3 Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara PT PLN (Persero) Effendi Kurnianto di Kupang, Kamis, (9/2022).

Ia menjelaskan penanaman 300 bibit terumbu dilakukan dengan cara memasangnya pada besi berbentuk spider yang berjumlah 50 unit.

Wilayah perairan Pantai Oesina menjadi sasaran kegiatan karena berdekatan dengan lokasi infrastruktur pembangkit PLN yakni PLTU Timor 1 dan PLTMG Kupang Peaker.

"Karena itu kami ingin terlibat menjaga ekosistem yang merupakan salah satu komponen sumber daya pesisir dan laut, dan tentunya akan menjadi rumah bagi ikan, sehingga ke depan dapat menjaga hasil tangkapan nelayan sekitar," katanya.

Langkah ini, kata dia, bagian dari bentuk komitmen PLN dalam mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDG's).

Effendi menambahkan kegiatan peringatan Coral Triangle Day 2022 juga diisi dengan aksi membersihkan pantai, transplantasi karang dan edukasi kepada pegiat lingkungan dan masyarakat sekitar tentang pelestarian terumbu karang.

"PLN tidak hanya semata-mata melaksanakan tugas membangun infrastruktur kelistrikan, tetapi kami juga memiliki kewajiban untuk turut andil dan mengambil peran dalam menjaga ekosistem, dan lingkungan sekitar," katanya.

Koordinator Program dan Evaluasi BKKPN Kupang Muhammad Ramli mengapresiasi kepedulian PLN terhadap keberlangsungan lingkungan laut melalui penanaman ratusan bibit terumbu karang.

Ia mengatakan peringatan Coral Triangle Day 2022 yang jatuh pada 9 Juni mengangkat tema "Sustaining Coral Triangle Ecosystems through Blue Economy" menuntut setiap orang untuk menjaga kelestarian terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan.

Baca juga: PLN NTT lakukan pemeliharaan SUTT perkuat pasokan listrik

Ia mengatakan bahwa NTT merupakan bagian dari segitiga terumbu karang dunia (Coral Triangle) yaitu di Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu yang memiliki sebaran tutupan terumbu karang dan keanekaragaman hayati spesies yang tinggi.

Baca juga: PLN upayakan peningkatan keandalan suplai listrik di Kupang

"Karena itu kita semua diwajibkan menjaga kelestarian terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan sehingga ekosistem laut tetap terjaga untuk dimanfaatkan dari generasi ke generasi," katanya.