Kemenkeu sebut risiko resesi RI sangat kecil

id Resesi, Kemenkeu,Bloomberg, Fundamental Ekonomi

Kemenkeu sebut risiko resesi RI sangat kecil

Sejumlah pekerja melakukan bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Jumat (24/6/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa Indonesia menjadi salah satu dari sedikit negara dengan fundamental ekonomi yang sangat berdaya tahan...
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu mengatakan hasil survei Bloomberg menunjukkan bahwa risiko resesi Indonesia sangat kecil, yang menggambarkan fundamental ekonomi domestik sehat.

"Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa Indonesia menjadi salah satu dari sedikit negara dengan fundamental ekonomi yang sangat berdaya tahan di tengah risiko global yang masih eskalatif," ucap Febrio dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, (15/7/2022).

Dengan demikian, ia menegaskan pemerintah akan terus memitigasi berbagai risiko yang ada, serta memastikan perkembangan positif ekonomi domestik dan kesejahteraan masyarakat akan terus terjaga dan semakin baik.

Adapun probabilitas resesi untuk Indonesia pada survei Bloomberg sangat kecil, hanya tiga persen.

Tingkat probabilitas resesi Indonesia lebih rendah dibanding negara ASEAN lainnya, seperti Filipina (8 persen), Thailand (10 persen), Vietnam (10 persen).

Indonesia juga jauh lebih berdaya tahan dibanding negara-negara sejawat di kawasan Asia pasifik dengan probabilitas resesi tertinggi, yakni Sri Lanka (85 persen), Selandia Baru (33 persen), Korea Selatan (25 persen),  dan Tiongkok (20 persen).

Oleh karenanya, Febrio menuturkan survei ini kembali menggarisbawahi kuatnya daya tahan ekonomi Indonesia di tengah gejolak global.

Berbagai indikator ekonomi Indonesia menunjukkan bahwa momentum pemulihan ekonomi terus menunjukkan penguatan dan masih terjaganya stabilitas domestik.


Baca juga: Menkeu Sri Mulyani: Waspadai potensi resesi yang menghantui Indonesia

Baca juga: Menkeu bilang dana Pemda di bank capai Rp202,35 triliun pada Maret 2022




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkeu: Risiko resesi RI kecil karena fundamental ekonomi sehat