Pemkab Mabar harap AEKI bantu petani kopi lokal

id kopi,labuan bajo,manggarai barat,Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia,ntt,aeki,petani kopi,petani

Pemkab Mabar harap AEKI bantu petani kopi lokal

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi usai acara Pelantikan Pengurus BPD AEKI NTT di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Jumat (4/11/2022). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Petani kopi harus diadvokasi lewat kehadiran AEKI di NTT," kata Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi usai acara Pelantikan Pengurus BPD AEKI NTT di Labuan Bajo, Jumat, (4/11/2022)...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengharapkan kehadiran Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) di NTT dapat membantu para petani lokal, khususnya yang berada di daerah pariwisata super prioritas.

"Petani kopi harus diadvokasi lewat kehadiran AEKI di NTT," kata Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi usai acara Pelantikan Pengurus BPD AEKI NTT di Labuan Bajo, Jumat, (4/11/2022).

Dia mengatakan AEKI NTT bisa memberikan advokasi maupun pendampingan yang bertujuan untuk mempertahankan kualitas dari produk kopi yang hendak dijual ke luar daerah.

Menurut bupati yang akrab disapa Edi ini, kualitas kopi petani sering mengalami penurunan apabila pemesanan terjadi dalam jumlah banyak. Dia menyebut petani sering mengabaikan kualitas dan stok yang akan berpengaruh pada keberlanjutan produksi.

"Kelemahan kita dikala permintaan banyak, kadang mereka mengabaikan kualitas, padahal ini berkelanjutan. Kualitas, stok, ini harus dijaga," katanya.

Selain mengadvokasi petani tentang pentingnya mempertahankan kualitas, AEKI juga harus menjadi pendorong agar kopi yang diekspor tercatat sebagai kopi dari Flores, bukan dari daerah lain.

"Kita sudah punya embrio yang selama ini diekspor, tapi sewaktu ekspor tidak menggunakan kopi dari Manggarai, dari Flores, tapi dari tempat lain," ungkapnya.

Dia pun berharap kerja kolaborasi bersama dapat memberikan dukungan yang terbaik bagi para petani sehingga mereka tidak menjadi penonton di tanah sendiri.

"Kebutuhan konsumsi kopi di Labuan Bajo sudah sangat banyak dan ini peluang. Sinergi dari semua elemen baik AEKI, pengusaha, petani, dan pemerintah dapat menjadi sesuatu kekuatan dahsyat," kata Bupati Edi.

Baca juga: Benarkah kopi bagus untuk menurunkan berat badan?

Saat ini, kehadiran AEKI di NTT bertujuan untuk mendukung para petani kopi agar lebih optimal dalam memproduksi kopi yang bernilai jual tinggi dan memiliki kualitas bagus.

Baca juga: Artikel - Kopi Flores yang mendunia lewat Pertemuan Ketiga DEWG G20 Labuan Bajo