Kota Kupang dapat bantuan mesin pencacah sampah plastik

id NTT,sampah plastik,bantuan alat pencacah plastik,kota kupang,HPSN 2023

Kota Kupang dapat bantuan  mesin pencacah  sampah plastik

Penjabat Wali Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh (kiri). (FOTO ANTARA/Benny Jahang)

...Pemerintah Kota Kupang mendapat bantuan satu unit mesin pencacah plastik dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Mesin ini memiliki manfaat yang besar dalam mengatasi persampahan di Kota Kupang
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang menerima bantuan berupa alat pencacah plastik dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur guna membantu pemerintah setempat dalam pengelolaan sampah plastik yang bisa bernilai guna.

"Pemerintah Kota Kupang mendapat bantuan satu unit mesin pencacah plastik dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Mesin ini memiliki manfaat yang besar dalam mengatasi persampahan di Kota Kupang," kata Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh di Kupang, Selasa, (21/2/2023).

Ia mengatakan dengan adanya bantuan alat pencacah plastik maka bisa mempermudah bagi Pemerintah Kota Kupang dalam mengatasi sampah plastik yang selama ini menjadi persoalan serius.

"Kami berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang telah membantu Kota Kupang peralatan pencacah sampah plastik sehingga persoalan sampah plastik yang terjadi selama ini secara bertahap bisa diatasi," katanya.

Dia menjelaskan, alat pencacah plastik dari Dinas LHK Provinsi NTT itu sangat bermanfaat dalam membantu pengolahan sampah plastik di Kota Kupang agar bisa memiliki nilai ekonomis sehingga bisa menambah pendapatan ekonomi keluarga..

Sementara itu Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur Samuel Halundaka mengatakan sampah plastik memiliki nilai ekonomis oleh karena itu mesin pencacah yang telah diserahkan sebelumnya dapat menghasilkan biji plastik yang kemudian dipadatkan dan selanjutnya dapat diolah menjadi aneka kerajinan berbahan dasar plastik.

Ia mengatakan momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 yang canangkan pemerintah Kota Kupang juga sudah disampaikan Ke Dirjen Persampahan dan Limbah B3 mendapatkan apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Baca juga: Dinas Pendidikan Kota Kupang ingatkan para guru perhatikan kebersihan lingkungan sekolah


"Kami berharap bantuan mesin pencacah plastik itu bisa digunakan secara baik dalam mengatasi sampah plastik di Kota Kupang," kata Samuel Halundaka.

Baca juga: Mabar apresiasi gerak holding BUMN peduli sampah Labuan Bajo

Pemerintah Kota Kupang pada Selasa (21/2) secara serempak membersihkan sampah pada semua fasilitas umum maupun di lingkungan rumah warga Kota Kupang dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023.