Polres Rote Ndao tanam pohon hijaukan halaman mapolsek

id NTT,tanam pohon,polres rote ndao,Mangrove

Polres Rote Ndao tanam pohon hijaukan halaman mapolsek

Para anggota Kepolisian di Polres Rote Ndao Kabupaten Rote Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan kegiatan penanaman pohon untuk menghijaukan lokasi Mapolres, Rabu (23/8/2023). ANTARA/HO-Humas Polres Rote Ndao

Setiap anakan pohon yang ditanam terdapat botol mineral yang diisi air, ini sederhana namun bermanfaat, botol tersebut merupakan media air yang diperlukan pohon saat tumbuh kembang...
Kupang (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resort Rote Ndao Polda Nusa Tenggara Timur secara serentak melakukan penanaman 1.500 pohon di 10 lokasi guna menghijaukan halaman Mapolsek dan lokasi wisata yang ada di pulau terselatan Indonesia itu.

Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono dalam keterangan tertulis yang diterima di Kupang, Rabu, (23/8/2023) mengatakan kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di 10 lokasi itu sebagai bentuk kepedulian Polri dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Ia mengatakan Polres Rote Ndao melakukan penanaman 1.500 pohon di 10 titik diantaranya dalam lahan Polsek Lobalain, Polsubsektor Lobalain, taman wisata Batu Termanu, halaman Polsek Pantai Baru, Polsek Rote Timur, Polsek Rote Selatan, Kantor Camat Rote Barat Laut, komplek pertanian Bunioen Rote Barat, Puskesmas Busalangga dan Polsek Rote Barat Daya.

“Ini merupakan program Polri dalam rangka menjaga kelestarian dan keberlangsungan lingkungan hidup, sehingga diharapkan dengan adanya penghijauan serentak ini dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga generasi yang akan datang”, ujar Kapolres Mardiono.

Kapolres juga menjelaskan bahwa penghijauan yang dilakukan Polres Rote Ndao, dilakukan dengan mengusung metode infus water, metode ini diklaim cocok untuk daerah yang susah air dan hemat tenaga.

“Setiap anakan pohon yang ditanam terdapat botol mineral yang diisi air, ini sederhana namun bermanfaat, botol tersebut merupakan sarana atau media air yang diperlukan pohon saat tumbuh kembang," katanya.

Baca juga: Pengamat: Galang gerakan masif untuk pemulihan hutan mangrove

Dengan metode infus water, menurut dia kita tidak perlu menyiram setiap harinya karena pohon akan mendapat pasokan air secara berkelanjutan dan ini cocok di daerah yang airnya agak sedikit kurang serta menghemat tenaga," kata Kapolres Mardiono.

Baca juga: PLN NTT tanam 2.000 bibit bakau di empat wilayah pesisir

Ia berharap kegiatan penanaman pohon yang juga dihadiri Asisten I Setda Kabupaten Rote Ndao Untung Harjito, Kejari Rote Ndao Budi Nursanto maupun aparat TNI dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat Rote Ndao dapat terus menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama melestarikan lingkungan demi masa depan dan generasi yang lebih baik.