BPOLBF tambah gelaran kegiatan besar jaring wisatawan pada 2024

id BPOLBF,NTT,Kota Kupang,Labuan Bajo,boplbf

BPOLBF tambah gelaran kegiatan besar jaring wisatawan pada 2024

Dirut BPOLBF Shana Fatina saat memimpin rapat di Labuan Bajo. ANTARA/Ho-BPOLBF

...Tahun depan kita targetkan 1 juta wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo, karena itu berbagai kegiatan besar akan kita lakukan di tahun depan untuk menarik kunjungan wisatawan, kata Dirut BPOLBF Shana Fatina di dari Labuan Bajo, Rabu, (13/12/2023)
Kupang (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) di Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada tahun 2024 menargetkan menambah gelaran kegiatan atau acara besar di Labuan Bajo untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Tahun depan kita targetkan 1 juta wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo, karena itu berbagai kegiatan besar akan kita lakukan di tahun depan untuk menarik kunjungan wisatawan," kata Dirut BPOLBF Shana Fatina di dari Labuan Bajo, Rabu, (13/12/2023).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan upaya BPOLBF dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan di wilayah pulau Flores, Alor, Lembata serta Bima di Nusa Tenggara Barat.

Selama ini ujar Shana beberapa acara besar yang sudah digelar yakni IFG Labuan Bajo Marathon, lalu festival Golokoe dan beberapa acara besar lainnya.

Namun sejumlah acara itu dilakukan tidak setiap bulan, sehingga jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke daerah itu juga tidak terlalu banyak.

"Kegiatan besar sudah ada di 2022, tapi akan kita konsolidasikan lebih rapih. Contohnya IFG Labuan Bajo Marathon, Festival Golokoe, dan lainnya," ujar dia.

Tak hanya itu Shana juga menambahkan bahwa kegiatan lain untuk mensukseskan kunjungan 1 juta wisatawan di tahun 2024 adalah konsolidasi monitoring kunjungan wisatawan, tidak hanya di Labuan Bajo tetapi di daerah lain.

Di samping itu juga dalam hal aksesibilitas khususnya untuk penerbangan, ujar dia perlu adanya penambahan penerbangan pesawat ke bandara Komodo. Agar jumlah seat dan penumpang yang tiba di bandara Komodo per harinya bisa mencapai 3.000 orang.

"Saat ini seat penerbangan per harinya hanya mencapai 1.828 seat yang terisi, karena tahun depan kita berharap ada penambahan penerbangan sehingga seat penerbangan ke Labuan Bajo per hari bisa mencapai 3.000 orang," tambah Shana.

Baca juga: BPOLBF sebut 800.074 turis kunjungi Labuan Bajo selama Januari-November

Karena itu tambah Shana, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak-pihak yang menargetkan penyewaan pesawat untuk menerapkan metode TA TO.

Baca juga: BPOLBF ajak pengelola medsos dan jurnalis promosi pariwisata Labuan Bajo

Namun ujar dia, pada dasarnya selain menyasar target kunjungan ke seluruh pulau Flores, BPOLBF sendiri tetap menargetkan bahwa Labuan Bajo tetap menjadi pintu masuk bagi wisatawan sebelum berkunjung ke daerah lain di NTT.