KPU Kota Kupang pastikan TPS aman dari ancaman hujan

id pemilu, kpu, kota kupang, logistik, ntt, tps

KPU Kota Kupang pastikan TPS aman dari ancaman hujan

Ketua KPU Kota Kupang, Ismael Manoe (kiri) yang diwawancarai usai acara pelepasan distribusi logistik Pemilu 2024 di Gudang KPU Kota Kupang, NTT, Selasa (13/2/2024). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus membuat TPS bebas dari hujan, minimal ada tenda, ada pembatas TPS, kata Ketua KPU Kota Kupang, Ismael Manoe usai acara pelepasan distribusi logistik Pemilu 2024 di Gudang KPU Kota Kupang, Oesapa
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) memastikan bahwa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar pada 51 kelurahan di ibu kota provinsi ini aman dari ancaman hujan.

"Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus membuat TPS bebas dari hujan, minimal ada tenda, ada pembatas TPS," kata Ketua KPU Kota Kupang, Ismael Manoe usai acara pelepasan distribusi logistik Pemilu 2024 di Gudang KPU Kota Kupang, Oesapa, Kupang, Selasa, (13/2/2024).

Untuk mengantisipasi hujan saat hari pencoblosan, Rabu (14/2) esok, KPU Kota Kupang telah meminta KPPS di setiap kelurahan untuk melakukan berbagai langkah antisipasi.

Selain membuat TPS yang nyaman bagi pemilih, KPPS juga mengantisipasi hujan saat perhitungan suara dengan menyiapkan penutup plastik untuk mengamankan surat suara yang sudah ada di atas meja.

Selain itu, logistik yang telah didistribusikan ke kelurahan juga telah dibungkus berlapis-lapis. Ia menyebut mobil logistik sudah dilapisi dengan dua terpal, lalu kotak suara dibungkus dengan plastik kedap air.

"Logistik yang ada di dalam kotak suara juga terbungkus plastik," ucapnya.

Ketua KPU NTT, Jemris Fointuna mengatakan pihaknya telah menginstruksikan agar KPPS dapat memerhatikan kondisi cuaca saat ini untuk pembuatan TPS.

Menurut Jemris, sebisa mungkin TPS dapat dimanfaatkan di dalam ruangan. Namun jika TPS dibangun di luar ruangan, maka TPS harus berada di tempat yang mudah dijangkau, ramah disabilitas, serta memerhatikan aspek kenyamanan dan keamanan logistik.

"Perhatikan betul tempat yang layak, tidak becek, apalagi berpotensi banjir," ucap Jemris.

Baca juga: KPU NTT bekali KPPS dengan vitamin dan suplemen agar tetap fit
Baca juga: KPU Kota Kupang distribusikan 6.025 kotak suara ke TPS
Baca juga: KPU NTT sebut KPPS garda terdepan pelaksanaan pemilu


Data KPU Kota Kupang mencatat jumlah TPS yang tersebar di enam kecamatan dan 51 kelurahan yakni 1.205 TPS. Dari jumlah itu, ada 1.203 TPS reguler dan 3 TPS di lokasi khusus seperti Lapas Dewasa, Rumah Tahanan, dan Lapas Perempuan.

Sedangkan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap di Kota Kupang yang terdata sebanyak 320.659 pemilih.